nusabali

Ratusan Siswa Dibantu Perlengkapan Sekolah

  • www.nusabali.com-ratusan-siswa-dibantu-perlengkapan-sekolah

Upacara peringatan Operasi Lintas Laut Jawa-Bali di Monument Operasi Lintas Laut Jawa-Bali, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana, selalu membawa berkah bagi lingkungan sosial setempat.

Upacara Peringatan Operasi Lintas Laut Jawa-Bali


NEGARA, NusaBali
Pada upacara peringatan perang laut pertama di Indonesia itu, dirangkai dengan pembagian bantuan 360 paket perlengkapan sekolah di Kabupaten Jembrana, Jumat (22/7).

Ratusan paket perlengkapan sekolah itu sebanyak 60 paket diberikan kepada peserta didik tingkat PAUD. Sebanyak 200 paket untuk siswa SD dan 100 paket untuk siswa SMP. Ada pula penyerahan bantuan sumbangan kepada 4 Panti Asuhan di Kabupaten Jembrana. Seluruh bantuan diserahkan oleh Ibu Oni (istri mendiang Kapten Markadi, yang menjadi tokoh sentral dalam perjuangan Operasi Lintas Laut Jawa-Bali).

Bupati Jembrana, I Putu Artha, selaku Inspektur upacara memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada para pejuang sejarah dalam Operasi Lintas Laut Jawa-Bali. Terutama kepada pasukan M di bawah komando Kapten Markadi yang behasil melaksanakan operasi lintas laut dengan armada semutnya dan menjadi pendaratan sekaligus pertempuran laut pertama se-Nusantara. Karena itu, pihaknya sentiasa mendukung upacara peringatannya yang digelar rutin setiap tahun di Jembrana.

Ibu Oni juga mengepresiasi kepedulian Pemkab Jembrana untuk menggelar upacara peringatan itu. Meskipun sudah tidak tinggal di Kabupaten Jembrana, namun keluarga besar dari pahlawan Operasi Lintas Laut Jawa-Bali ini tetap merasa ada ikatan bhatin dengan Kabupaten Jembrana. Sehingga setiap peringatan turut melakukan bhakti sosial berupa bantuan kepada pelajar hingga veteran. “Kami keluarga besar Kapten Markadi serta seluruh pejuang Operasi Lintas Laut menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Jembrana yang memfasilitasi peringatan ini setiap tahunnya,” ungkap Ibu Oni. * ode

Komentar