nusabali

Kasek SMA Siap Pinjamkan Komputer untuk Rekrut CPNS

  • www.nusabali.com-kasek-sma-siap-pinjamkan-komputer-untuk-rekrut-cpns

Rekrutmen CPNS di Karangasem terancam gagal gara-gara tidak punya komputer untuk melakukan tes berbasis computer assisted test (CAT).

AMLAPURA, NusaBali

Sejumlah kepala sekolah SMA negeri di Karangasem mengaku miris mendengar alasan tersebut. Para kasek SMA pun berinisiatif pinjamkan komputer ke Pemkab Karangasem untuk memperlancar CAT bagi CPNS.

Kasek SMAN 2 Amlapura I Nengah Miyasa menawarkan ke Pemkab Karangasem pinjaman komputer untuk rekrut CPNS. “Tinggal isi program, maka bisa digunakan untuk CAT,” ungkapnya, Jumat (1/11). Di Karangasem ada 9 SMA negeri dan 5 SMK negeri, rata-rata tiap sekolah memiliki 100 komputer. Jika ditotal ada ada 1.400 komputer bisa digunakan untuk merekrut CPNS. “Asalkan saat pinjam komputer tidak berbenturan dengan agenda UNBK,” pintanya.

Terpisah, Penjabat Sekda Karangasem yang juga Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Karangasem I Gusti Gede Rinceg tetap bersikukuh tidak bisa rekrut CPNS. Sebab untuk mengisi program agar komputer bisa digunakan untuk rekrutmen CPNS perlu biaya. Sewa komputer juga perlu biaya. Sedangkan anggaran untuk rekrutmen CPNS tidak ada. Meskipun rekrutmen CPNS bisa dilakukan, yang tesnya di tingkat kabupaten pada November dan Desember, selanjutnya yang lulus CPNS mengurus NIP ke pusat, maka dapat NIP diperkirakan tahun 2020. Sedangkan usulan gaji untuk CPNS ke pusat belum dilakukan. “Anggaran untuk rekrutmen CPNS di APBD 2019 tidak ada. Sedangkan APBD Perubahan 2019 telah ditetapkan. Jika anggaran ada, rekrutmen bisa dilakukan November dan Desember,” jelasnya.

Karangasem terancam gagal rekrutmen CPNS walau telah dipastikan dapat 209 jatah CPNS. Sebab rekrutmen CPNS perlu menyediakan fasilitas komputer untuk tes, sebelumnya komputer disediakan pemerintah pusat. Anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 2 miliar. Sebab pada tahun 2020, anggaran banyak dialihkan untuk biaya Pilkada Karangasem. Sesuai informasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, mengumumkan pembukaan rekrutmen CPNS 2019 rencananya pendaftaran mulai 11 November 2019. Pendaftaran rekrutmen CPNS dilakukan di website SSCASN BKN (sscasn.bkn.go.id), satu orang pelamar hanya boleh daftar di satu instansi dan satu formasi jabatan kementerian atau lembaga atau pemkab. *k16

Komentar