nusabali

BPBD Bekali Linmas Pelatihan Kebencanaan

  • www.nusabali.com-bpbd-bekali-linmas-pelatihan-kebencanaan

Badan Penanggulangan Bencana Daeah (BPBD) Kabupaten Badung memberikan pelatihan terkait kebencanaan kepada anggota perlindungan masyarakat (Linmas).

MANGUPURA, NusaBali

Melalui pelatihan ini, diharapkan linmas dapat berperan aktif bila terjadi bencana. “Untuk saat ini pelatihan kami lakukan di Desa Selat, Kecamatan Abiansemal. Pelatihan terkait kebencanaan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan linmas, sehingga saat terjadi bencana linmas juga bisa ikut berperan memberikan pertolongan,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Badung I Wayan Netra, Rabu (16/10).

Menurutnya, peran linmas sangat penting khususnya dalam hal penanganan kebencanaan. “Bila terjadi bencana linmas bisa sekaligus sebagai relawan membantu perbekel/lurah dalam melakukan evakuasi warga yang kena dampak bencana. Namun, saat tidak ada bencana peran linmas sebagai pemberi informasi tentang manajemen kebencanaan kepada masyarakat,” katanya.

“Saat ini BPBD juga sedang gencar memberikan pendampingan ke desa-desa terkait pembentukan desa tangguh bencana. Tahun ini kita targetkan membentuk 11 desa tangguh bencana di Badung. Dengan demikian, desa betul-betul bisa ikut melakukan penanggulangan bencana, membantu tugas BPBD,” tuturnya.

Kepala Satpol PP Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara, menyambut positif pelatihan yang diberikan BPBD Badung kepada linmas. “Peran linmas itu adalah menjaga ketertiban, membantu dalam penanggulangan kebencanaan, dan membantu pengamanan saat pemilu. Dengan pelatihan ini tentu akan meningkatkan kemampuan linmas dalam hal penanganan kebencanaan,” ujarnya. Suryanegara menyebut jumlah total anggota linmas di Kabupaten Badung sebanyak 1.968 orang. *asa

loading...

Komentar