nusabali

Air di Dua Banjar Macet

  • www.nusabali.com-air-di-dua-banjar-macet

Pelanggan diminta bersabar karena petugas masih berjuang menemukan kebocoran.

AMLAPURA, NusaBali

Layanan air bersih dari Perumda Tirta Tohlangkir Karangasem sejak seminggu macet, khususnya di Banjar Pebukit dan Banjar Segara Katon, Kelurahan Karangasem. Terhambatnya pelayanan air bersih akibat kebocoran pipa yang belum ditemukan. Hingga tengah malam petugas Perumda Tirta Tohlangkir mencari titik kebocoran namun belum tuntas penanganannya.

Direktur Perumda I Gusti Made Singarsi mengaku baru menemukan satu titik kebocoran dan masih ada lagi kebocoran lain yang belum ditemukan. Diakui pelayanan bisa cepat tertangani jika kebocoran itu telah ditemukan. “Rata-rata kebocoran yang terjadi di Jalan Pesagi itu, airnya terbuang ke bawah sehingga kebocoran sulit terdeteksi. Satu-satunya cara dengan menghentikan aliran air irigasi agar terlihat jelas kebocoran milik Perumda,” jelas Gusti Singarsi, Rabu (16/10).

Upaya menghentikan aliran irigasi telah pula dilakukan sehingga yang ditemukan sementara baru satu titik kebocoran. “Saya bersama bagian teknik mencari kebocoran hingga tengah malam. Harapannya suara aliran air terdengar di tengah malam, di saat tidak ada aktivitas warga dan lalulalang kendaraan,” tambahnya. Diharapkan pelanggan bersabar karena petugas masih berjuang menemukan kebocoran itu. Menurutnya, bisa saja kebocoran diakibatkan pipa kemasukan akar pohon hingga tersumbat menyebabkan pipa kemasukan material tanah, pasir, dan kerikil.

Penanganan kebocoran terus dilakukan dikoordinasikan Kepala Bagian Teknik Ida Bagus Sudirga. Satu titik kebocoran yang telah ditemukan langsung diperbaiki, hanya saja kebocoran di titik lainnya belum ditemukan, sehingga pelayanan belum optimal mengalirkan air ke pelanggan.  Gangguan pelayanan yang terjadi hanya sebagian kecil dari jumlah pelanggan Perumda sebanyak 37.347 pelanggan, masing-masing pelanggan sosial sebanyak 573 pelanggan, rumah tangga 32.967 pelanggan, niaga 3.645 pelanggan, usaha 219 pelanggan, dan industri 3 pelanggan. *k16

loading...

Komentar