nusabali

Pimpin INI Bali, Muntra Tak Kapok Berpolitik

  • www.nusabali.com-pimpin-ini-bali-muntra-tak-kapok-berpolitik

Dilengserkan sebagai Ketua DPD II Golkar Badung dalam kisruh pelengseran 6 para Ketua DPD II tidak membuat I Wayan Muntra pasif di organisasi.

DENPASAR, NusaBali

Sebelum nasib jabatan Ketua DPD II Badung yang akan diputuskan dalam sidang sengketa Mahkamah Partai DPP Golkar, pekan ini, Muntra sudah duluan loncat dengan memegang pucuk pimpinan organisasi professional, yakni Ketua Ikatan Notaris Indonesia (INI) Bali.

Apakah ini sinyal Muntra akan berhenti dari dunia politik praktis? "Kira-kira menurut teman wartawan saya jeda apa tidak dari politik? Ya nggaklah. Saya orang organisasi. Sebagai politisi jalan sebagai Ketua INI Bali saya akan emban tugas ini dengan baik," kelakar Muntra, Minggu (22/9) siang kemarin.

Muntra yang tetap menegaskan setia dengan Partai Golkar walaupun masih berproses di Mahkamah Partai terpilih secara musyawarah dan mufakat dalam Konferwil INI Bali di Denpasar, Jumat (20/9) lalu. Muntra pun menegaskan dirinya akan fokus dalam organisasi profesional tersebut. Sementara urusan Ketua DPD II Golkar Badung diserahkan ke Mahkamah Partai.

"Politik itu dinamis ada naik turun. Kadang kita harus tampil kadang juga kita harus jeda. Sekarang saya berjalan dalam dua komitmen. Komitmen sebagai kader partai yang setia dan komitmen dalam organisasi profesional," ujar mantan Ketua OKK DPD I Golkar Bali ini.

Menurut Muntra, seni memimpin partai berbeda dengan memimpin organisasi profesional. Namun tetap nikmat dan enjoy kalau dilakoni. Muntra mengatakan sudah punya program kerja untuk peningkatan kapasitas keanggotaan INI Bali.

"Saya akan fokus untuk membawa organisasi INI Bali makin solid. Meningkatkan kapasitas INI Bali sebagai organisasi yang berwenang membuat akta otentik. Memimpin partai dengan memimpin organisasi profesional itu nikmat ada seninya dan beda rasanya. Saya sekarang memimpin teman-teman dalam sekup Bali. Bukan kabupaten lagi. Tantangan juga ini, " kata Muntra.

Beberapa program kerja yang diusung Muntra ketika memimpin INI Bali adalah menjaga soliditas dan kekompakan anggota INI Bali. Selain itu anggota INI Bali diajak untuk menjunjung tinggi harkat martabat notaris dengan cara penegakan  ad/art dan peraturan organisasi lainnya yang berlaku.

"Selain itu meningkatkan komunikasi dengan lintas profesi, termasuk dengan penegak hukum dan bersinergi dengan Kanwil Hukum dan HAM dan alat kelengkapan dari organisasi INI sendiri," ujar pria yang juga menjabat Sekjen IPPAT (Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah) Provinsi Bali ini.

Muntra menggantikan Ketua INI Bali sebelumnya Gede Semester Winarno. Muntra akan melaksanakan tugas sebagai Ketua Pengwil INI Bali periode 2019-2022 mendatang. " Urusan politik jalan. Urusan organisasi profesional jalan terus, " tegasnya. *nat

Komentar