nusabali

Ilham Bantah Habibie Donor Kornea ke Thareq

  • www.nusabali.com-ilham-bantah-habibie-donor-kornea-ke-thareq

Putra bungsu almarhum BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie, beberapa kali muncul di tengah kabar duka meninggalnya sang ayah.

JAKARTA, NusaBali

Penampilan Thareq yang selalu memakai penutup mata membuat publik penasaran. Dua hari setelah BJ Habibie meninggal, beredar pesan berantai (broadcast) bahwa Presiden RI ke-3 itu mendonorkan kornea matanya untuk putra bungsunya itu.

Broadcast itu awalnya menyoroti penampilan Thareq Habibie yang selalu memakai penutup mata di sisi kanan wajahnya. Ainun disebut akan mendonorkan kornea ke Thareq, namun urung hingga akhirnya Habibie yang menjadi donor.

Berikut bagian dari isi broadcast tersebut: Pasti publik penasaran, ada apa dengan mata kanan putra kedua Presiden ke 3 RI itu?

Ini jawabannya; kornea mata kanan Thareq Kemal ternyata rusak. (Semenjak 12 thn silam). Tadinya kornea mata sang ibu, Hj Ainun Habibie yg akan didonorkan. Tp saat wafat 2010 silam, riwayat kanker yg menggerogoti tubuh Ibu Ainun membuat tim dokter urung melakukan operasi donor.

Nah, sang ayah, Prof BJ Habibie, semenjak 2016 lalu sudah mendaftar sbgai pendonor kornea matanya buat si bungsu Thareq.

Jadi, sebelum dikebumikan, tim dokter sdh mengambil kornea mata Alm BJ Habibie. Operasi kornea tdk harus sampai mencongkel biji mata.

Benarkah ? Pihak keluarga langsung membantah pesan berantai tersebut. Melalui sang kakak, Ilham Habibie,  kabar tersebut diklarifikasi.

"Oh dia kena glaukoma karena dia dulu pernah ada sakit gula. Glaukoma adalah ya buta," kata Ilham di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (13/9) seperti dilansir detik.

Bagaimana pula dengan broadcast yang menyebutkan bahwa BJ Habibie mendonorkan mata untuk anaknya itu lewat operasi kornea mata sesaat sebelum dimakamkan. Ilham menegaskan broadcast itu tidak benar.

"Oh tidak. Itu tidak benar. Karena itu tidak bisa diselamatkan lewat donor mata. Itu bukan kornea itu masalah di belakang di retina," ucapnya.

Sore kemarin, Ilham dan cucu-cucu Habibie ziarah ke makam eyangnya. Namun, Thareq tidak tampak dalam rombongan keluarga tersebut.

"Sakit. Saya nggak bisa menyebut lebih detail karena saya tidak tahu. Mungkin kelelahan tapi saya nggak tahu rincinya," ujar Ilham. *

Komentar