nusabali

PMI Suplai Air Bersih ke Desa Seraya Tengah

  • www.nusabali.com-pmi-suplai-air-bersih-ke-desa-seraya-tengah

PMI Provinsi Bali menyuplai air bersih di Banjar Dalem, Desa Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu, Karangasem, Jumat (13/9).

AMLAPURA, NusaBali

PMI Bali ke lokasi dengan tiga unit mobil tangki masing-masing berkapasitas 5.000 liter. Sejak musim kering ini, PMI Bali telah suplai air bersih sebanyak 55.000 liter. PMI bersinergi dengan BPBD, Dinas Sosial, dan ACT (Aksi Cepat Tanggap).

Koordinator PMI, I Wayan Aryawan, mengatakan ada permohonan air bersih dari krama Banjar Dalem. PMI Bali ke lokasi dengan tiga mobil tangki setelah berkoordinasi dengan Kelian Dinas Dalem, I Nyoman Sujana. Pembagian air berjalan tertib. Warga datang dengan membawa ember. “PMI bawa air ke Desa Tianyar Tengah atas permintaan warga. Sebelumnya juga membawa air ke Kecamatan Kubu, Kecamatan Abang, dan Kecamatan Bebandem,” ungkap I Wayan Aryawan.

Selama ini warga Banjar Dalem membeli air bersih. Harga air Rp 280.000 per mobil tangki. Warga setempat, I Made Sana mengatakan, sejak tiga tahun terakhir saat musim panas selalu membeli air. Setelah turun hujan maka cubang mulai terisi. “Baru kali ini ada bantuan air, lumayan untuk kebutuhan sekitar empat hari,” ungkap Made Sana. Sementara Kelian Banjar Dalem I Nyoman Sujana mengatakan, di Banjar Dalem dihuni 280 KK atau 1.015 jiwa. “Kami kesuitan air untuk konsumsi dan memasak. Warga berupaya irit menggunakan air,” kata Nyoman Sujana.

Warga di Kecamatan Karangasem juga mengalami kesulitan air bersih. Perbekel Desa Seraya Tengah, I Nyoman Suardana mengakui belakangan ini banyak warganya mohon bantuan air bersih. “Saya sudah tindaklanjuti ke Dinas Sosial agar disuplai air bersih,” ungkap Nyoman Suardana. Desa Seraya Tengah berpenduduk 11.796 jiwa. Dari 15 banjar, hanya empat banjar yang kesulitan air bersih. Sebab empat banjar itu tidak terjangkau pelayanan dari Perumda Tirta Tohlangkir Karangasem. Keempat banjar itu yakni Banjar Taman berpenduduk 881 jiwa, Banjar Peninggaran berpenduduk 503 jiwa, Banjar Kayuwit berpenduduk 512 jiwa, dan Banjar Kecagbalung berpenduduk 847 jiwa. *k16 

loading...

Komentar