nusabali

PKH Tambah 1.900 Jatah

  • www.nusabali.com-pkh-tambah-1900-jatah

Program Keluarga Harapan (PKH)  tambah 1.900 jatah untuk warga kurang mampu. Jatah sedang diverifikasi agar tepat sasaran.

AMLAPURA, NusaBali

Realisasinya tahun 2020. Nominal bantuan PKH tiap tiga bulan Rp 500.000. Pencarian PKH tiap tiga bulan sekali. Besaran PKH sama, tak dipengaruhi banyak punya anak atau tidak.

Kepala Dinas Sosial Karangasem, Ni Ketut Puspa Kumari, mengatakan tahun ini jumlah penerima PKH sebanyak 10. 585 warga miskin. Pada tahun 2020 nanti menerima 12.485 warga miskin. Bantuan langsung masuk rekening penerima melalui Bank BRI Cabang Karangasem. Bagi yang telah dapat bantuan PKH menunggu tiga bulan untuk tarik bantuan Rp 500.000.

Puspa Kumari menambahkan, calon penerima yang baru masih perlu menunggu. Sebab prosesnya mesti membuat rekening baru, setelah itu barulah menunggu transfer dana bantuan. Tahun lalu sebanyak 324 penerima mengalami kendala cairkan PKH. Penyebabnya beragam, ada yang meninggal, ada pindah tempat tinggal, mengungsi, dan masalah teknis lainnya. Sehingga dari 10.585 jiwa penerima PKH, yang telah menikmati sebanyak 10.242 jiwa.

Sedangkan tahun 2017, dari 7.968 warga penerima PKH, yang tidak cair sebanyak 90 penerimaan PKH.  Warga penerima PKH yang telah masuk daftar sebagai warga kurang mampu. Begitu ada jatah turun dari pusat maka yang berhak dapat hanya warga yang telah masuk daftar sebagai warga kurang mampu. “Nominal semua penerima sama, tidak ada pengaruhnya memiliki banyak anak sedang sekolah atau tidak punya anak sama sekali,” jelasnya.

Puspa Kumari berharap dalam pencairan PKH tahap III tahun 2019 tidak ada kendala teknis. Begitu juga pencairan PKH tahap I tahun 2020. Perbekel Desa Sukadana, Kecamatan Kubu I Gede Suardana sangat berharap dapat penambahan jatah PKH tahun 2020. “Di sini banyak warga miskin, kami telah data dan hasilnya telah disetorkan ke Dinas Sosial. Kami berharap dapat tambahan jatah PKH,” harap Gede Suardana.

Harapan serupa dilontarkan Perbekel Desa Duda, Kecamatan Selat I Gusti Agung Ngurah Putra. “Desa Duda dengan delapan banjar dinas masing-masing banjar dinas masih memiliki warga miskin. Saya berharap dapat tambahan jatah PKH,” kata Gusti Agung Ngurah Putra. Sebab PKH bagi warga miskin sangat membantu dengan bantuan Rp 500.000 per tiga bulan. *k16

loading...

Komentar