nusabali

Pemkab Tabanan Mohon Api Suci Porprov Bali XIV di Pura Luhur Batu Panes

  • www.nusabali.com-pemkab-tabanan-mohon-api-suci-porprov-bali-xiv-di-pura-luhur-batu-panes

Sebelum diarak keliling ke 8 kabupaten/kota di Bali, api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XIV 2019 terlebih dahulu dilaksanakan acara ritual mapekeling permohonan api suci di Pura Luhur Batu Panes, Banjar Beluang, Desa Mengesta, Kecamatan Penebel, Kamis (5/9) pagi.

TABANAN, NusaBali

Upacara tersebut dihadiri Plt Kadis Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali I Made Rentin, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, beserta seluruh OPD Pemkab Tabanan.

Mapekeling permohonan api suci diawali dengan pembersihan dan pebiyakaonan oleh Pedanda dari Grya Timpag yang diikuti oleh panitia induk KONI atau Panitia Pelaksana Porprov XIV beserta para atlet Kabupaten Tabanan.

Setelah ritual, Made Rentin menyulut api suci Porprov Bali XIV kemudian diserahkan kepada Bupati Eka, dilanjutkan kepada Ketua Panitia Induk Porprov Bali I Komang Gede Sanjaya.

Seusai prosesi tersebut api suci Porprov Bali diarak keliling ke beberapa kecamatan di Kabupaten Tabanan dengan mengambil rute Desa Kedampal-Mengesta-Jatiluwih-Senganan-Apuan-Pinge-Marga-Belayu-Kukuh-Kediri-Pandak-Beraban-Bengkel-Pejaten-Bongan-Sudimara-Seronga-Penyalin, dan terakhir di Gedung Kesenian I Ketut Maria. Dari Gedung Maria api suci Porprov yang dibawa oleh regu pelari membawanya ke Kantor Bupati Tabanan guna disemayamkan.

Dipilihnya Pura Luhur Batu Panes sebagai tempat permohonan api suci, dengan pertimbangan secara filosofis dan tatanan bahwa pura ini memiliki  atau mempunyai hubungan dengan Pura Batukau, sehingga sangat pas dan tepat dilakukan di pura tersebut untuk membangkitkan rasa persaudaraan.

“Kita harapkan kesucian, semangat, dan energi penyulutan api suci Porprov ini akan membangkitkan rasa persaudaraan serta persatuan, sehingga event olahraga ini terlaksana lebih bermartabat sesuai dengan jiwa sportivitas olahraga,” kata Sanjaya.

Bupati Eka berharap, melalui kegiatan ini Tabanan bisa menguasai semua event olahraga selaku tuan rumah. ”Artinya harus ada prestasi yang bertambah dari generasi muda, karena kita harapkan membangun generasi kita dari olahraga. Artinya membangun masa depan bangsa dari dunia olahraga. Hasil yang baik akan membawa nama yang baik untuk Tabanan,” imbuhnya.

Sementara, Gubernur Bali diwakili Plt Kadis Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali I Made Rentin, memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati Eka beserta Panitia Induk Porprov Bali XIV 2019 atas persiapan yang telah dilakukan. Sehingga rangkaian PorprovBali dengan pengambilan api suci terlaksana sesuai rencana.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras dalam persiapan yang telah dilakukan. Saya yakin dengan semangat kebersamaan dan dukungan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Tabanan, seluruh rangkaian Porprov Bali tahun ini akan berlangsung sukses,” tandasnya. *des

Komentar