nusabali

Panglingsir Puri Sulang, (GA Mangku Genteh) Berpulang

  • www.nusabali.com-panglingsir-puri-sulang-ga-mangku-genteh-berpulang

Panglingsir Puri Sulang, Desa Sulang, Kecamatan Dawan, Klungkung, Gusti Agung (GA) Mangku Genteh,99, berpulang. Pria yang penekun lontar ini, menghembuskan nafas terakhir dalam perawatan di RSUD Klungkung, Sabtu (25/6), bertepatan dengan Hari Raya Saraswati.

SEMARAPURA, NusaBali
Anak almahurm I Gusti Ngurah Agung mengatakan, sebelum berpulang ayahnya sempat mengalami demam tinggi dan dirawat di RSU Klungkung selama 23 hari. Pas dirawat kondisi kesehatannya menurun dan tidak mau makan. Akhirnya pria yang dikenal dengan sebutan Agung Mangku Lingsir ini berpulang, Sabtu sekitar pukul 18.30 Wita. “Nanti akan digelar Palebon,” ujar Gusti Ngurah Agung yang Kabag Perlengkapan Setda Klungkung, Senin (27/6).

Kata dia, prosesi Upacara Palebon diawali 4 Juli dengan Upacara Narpana, 5 Juli Ngeneng dan puncak Palebon pada Buda Pahing Landep, Rabu (6/7). Kesehariannya, Agung Mangku Lingsir sebagai pamangku di Merajan Agung Puri Sulang, Pusat Kawitan Arya Wang Bang Pinatih. Almarhum juga undagi dan penekun sastra Bali kuno. Hasil karya almarhum disimpan di Gedong Penyineban Puri Sulang. 7 w

Komentar