nusabali

'Pemain Pelapis Tak Maksimal'

  • www.nusabali.com-pemain-pelapis-tak-maksimal

Ditahan Myanmar, Indonesia Juara Grup A

HO CHI MINH CITY, NusaBali
Timnas Indonesia U-18 ditahan Myanmar 1-1, pada laga terakhir Grup A Piala AFF U-18 2019, di Thong Nhat Stadium, Ho Chi Mhin, Vietnam, Rabu (14/8). Hasil itu, Indonesia memastikan lolos ke semfinal sebagai juara Grup A dengan 13 poin dan unggul gol dari Myanmar yang punya poin sama.

Pada laga lawan Myanmar Indoesia menurunkan beberapa pemain pelapis, namun mereka dinilai kurang maksimal. Pemain utama seperti  kiper Ernando Eri, David Maulana, Sutan Zico dicadangkan. Penggantinya, pelatih Fachri Husaini memainkan kiper Muhammad Adi Satriyo, Khairul Imam, Muhammad Fajar.

Setelah 0-0 di babak pertama, kendati banyak punya peluang, gawang Indonesia malah kebobolan lebih dulu dari Myanmar di babak kedua. Hein Htet Aung membuat Myanmar unggul 1-0 pada menit ke-50.

Indonesia membalas pada menit 69. Tendangan bebas kapten Rizky Ridho membuat skor menjadi 1-1, dan bertahan hingga laga bubar.

Usai laga, Fachri menyesalkan performa beberapa pemainnya yang dirasa kurang maksimal. Fachri juga menyesalkan banyak peluang terbuang percuma.

"Jujur saya kurang puas dengan permainan anak-anak, apalagi dengan pemain yang saya berikan kesempatan bermain oleh saya," kata Fachri, dalam laman resmi PSSI.

Menurut Fachri, seharusnya mereka yang baru bermain dua atau tiga kali memiliki kebugaran yg lebih dari mereka yang sudah bermain tiga atau empat kali lebih.

"Peluang banyak terbuang. Saya berharap pada pemain yang belum bermain, ternyata tidak sesuai dengan harapan saya. Fisik mereka masih kurang. Saya akan gunakan kesempatan untuk pemulihan kondisi fisik saat libur dua hari," jelas Fachri.

Di semifinal, Indonesia akan berhadapan dengan runner up Grup A yang akan ditentukan pada laga terakhir, Kamis.  Grup B diikuti Malaysia, Australia, Vietnam,  Kamboja, dan Thailand. Dilihat dari klasemen sementara, hanya tiga tim dari Grup B yang berpeluang ke semifinal, yakni Australia, Malaysia, dan Vietnam.  

Malaysia untuk sementara memimpin Grup B dengan sembilan poin, sama seperti Australia di tempat kedua.  Vietnam di tempat ketiga dengan tujuh poin masih punya peluang lolos, tergantung hasil-hasil laga terakhir. Australia akan menghadapi Singapura, Vietnam kontra Kamboja, dan Malaysia jumpa Thailand.*

Komentar