nusabali

Ramah Lingkungan, Kongres PDIP Telan Rp 17,6 M

  • www.nusabali.com-ramah-lingkungan-kongres-pdip-telan-rp-176-m

Kongres V PDIP yang akan digelar di Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, Denpasar, 8-11 Agustus 2019 mendatang menelan anggaran miliaran rupiah. PDIP menyiapkan anggaran Rp 17,6 miliar yang digalang secara bergotong-royong untuk menyukseskan pelaksanaan konsolidasi partai tersebut.

DENPASAR, NusaBali

Dalam pelaksanaan Kongres nanti dipastikan kedepankan ramah lingkungan di mana bebas dari penggunaan plastik dan styrofoam.

DPP PDIP yang dikomandani Sekjen, Hasto Kristiyanto, langsung memimpin persiapan pelaksanaan kongres dengan menggelar rapat koordinasi bersama panitia daerah di Kantor DPD PDIP Bali, Jalan Banteng Baru Niti Mandala Denpasar, Jumat (2/8) siang. Dalam rapat yang berlangsung sejak pukul 10.00 Wita sampai pukul 13.00 Wita ini, Hasto didampingi sejumlah panitia pusat seperti Ketua DPP, Djarot Saiful Hidayat (Ketua Steering Commitee), dan Utut Adiyanto (Sekretaris Steering Commitee). Sementara Ketua DPD PDIP Bali, Wayan Koster, yang juga Ketua OC (Organizing Commitee) didampingi sejumlah panitia daerah, seperti Sekretaris DPD PDIP Bali, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Dewa Made Mahayadnya, I Gusti Ngurah Alit Kelakan, I Ketut Kariyasa Adnyana, Ni Made Sumiati, Nyoman Oka Antara dan panitia lainnya. Intinya Kongres PDIP sudah siap digelar.

Hasto di sela-sela rapat kemarin mengatakan pengecekan Kongres V sudah seluruhnya tuntas. Kongres yang bertema ‘Solid Bergerak untuk Indonesia  Raya’ ini sudah siap. “Dari seluruh persiapan, daerah sudah siap dan mempersiapkan segala sesuatu dengan baik,” tegas Hasto.

Menurut Hasto, Kongres V PDIP nanti berciri kebudayaan dengan menggelorakan rasa cinta kepada negara. Mulai dari ornamen yang akan digunakan, sampai dengan menu untuk peserta akan digunakan kuliner kas Nusantara.

“Ornamen saya lihat kental dengan budaya nusantara. Kemudian kuliner juga nanti disiapkan kas nusantara. Utusan dan penggembira ini biasanya tampil dengan ciri kebudayaan juga. Ini tradisi oleh PDIP di setiap Kongres. Roh kerakyatan ini kental. Penggembira nanti akan mencapai 15.000 orang. Dipusatkan nanti di Lapangan Matahari Terbit. Nanti ada orasi-orasi juga,” ujar Hasto.

Menurut dia, undangan VVIP dan VIP sudah disiapkan juga. Peserta dan utusan setidaknya akan hadir 2.200 orang. “Kami DPP dan panitia akan bergotong-royong dalam menyukseskan acara kongres ini. Kita partai yang berideologi Pancasila,” tegas mantan Wasekjen DPP PDIP ini.

Sementara Ketua Steering Committee (SC), Djarot Syaiful Hidayat, secara terpisah mengaku sudah turun ke lapangan mengecek kesiapan, mulai akomodasi dan transportasi. Ada 1.200 kamar hotel yang disebar di 13 hotel, pembiayaan secara gotong-royong. “Saya dengar biayanya disiapkan Rp 17,6 miliar. Ini secara gotong-royong, luar biasa,” tegas mantan Wakil Gubernur dan Gubernur DKI Djakarta ini.

Djarot menyebutkan Kongres V akan diwarnai atraksi budaya. Beberapa provinsi mengatakan sudah siap hadir. Masing-masing yang dekat dengan Bali sudah siapkan atraksi budaya. Yang paling fenomenal adalah kongres bernafaskan lingkungan. Tidak boleh ada penggunaan plastik dalam kegiatan nanti.

“Kita apresiasi juga ini, karena benar-benar ramah lingkungan. Semua atribut tidak ada dari plastik. Ini budaya kita merawat lingkungan. Ini juga pesta, jadi seluruh peserta dan penggembira menunjukan rasa persaudaraan, harmonis. Ideologi Pancasila, Nasionalisme menjadi komitmen kita di sini,” tegas Djarot.

Sementara soal undangan parpol, Hasto menambahkan mengundang unsur pimpinan parpol Koalisi Indonesia Kerja pengusung Capres-Cawapres Jokowi-Ma’ruf, yakni Partai Golkar-PKB-PPP-NasDem-Hanura-PKPI-Perindo-PSI. Sementara parpol non koalisi di Pilpres 2019 juga diundang. Seperti Ketua Umum Gerindra yang juga rival Jokowi di Pilpres 2019, Prabowo Subianto juga diundang hadir. “Pak Prabowo diundang hadir oleh Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri saat keduanya bertemu beberapa waktu lalu. Pak Prabowo akan hadir,” ujar alumni Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta ini. *nat

Komentar