nusabali

Anggaran Penataan Pura Taman Narmada Bali Raja Rp 3 M

  • www.nusabali.com-anggaran-penataan-pura-taman-narmada-bali-raja-rp-3-m

Penatan Pura Taman Narmada Bali Raja di Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli menghabiskan dana miliaran rupiah. Penataan meliputi pembangunan bale kambang, bale pasandekan, dan akses jalan melingkar.

BANGLI, NusaBali
Penataan areal pura ditarget rampung pada Desember nanti. Pangempon Pura Taman Narmada Bali Raja Dewa Sudira mengatakan, penataan areal pura meliputi 18 item kegiatan. Pada tahun 2018, pangempon pura mengajukan proposal sebesar Rp 5 miliar ke Pemkab Bangli. “Dari anggaran Rp 5 miliar yang kami ajukan, dikabulkan Rp 3 miliar. Anggaran Rp 3 miliar bersumber dari dana PHR Badung,” ungkap Dewa Sudira, Senin (15/7).

Anggaran Rp 3 miliar sudah cair pada bulan Mei lalu. Pengerjaan sedang  berjalan, target tuntas per 31 Desember 2019. Karena anggaran tidak mencukupi, pembanguan bale kambang dengan volume 28 meter x 18 meter  hanya sebatas pondasi saja. “Dengan anggaran Rp 5 miliar baru bisa tuntaskan pembangunan bale kambang lengkap dengan akses jembatan. Pembangunan akan dilanjutkan pada tahun berikutnya,” sebutnya.

Pura Taman Narmada Bali Raja diempon oleh 84 kepala keluarga (KK). Pujawali pada Sukra Wage Landep. “Pamedek dari pelosok Bali yang merupakan pasemetonan Maha Gotra Tirta Harum,” jelasnya. Pura Taman Narmada Bali Raja dikitari kolam. Pura ini ditetapkan sebagai salah satu objek wisata Bangli. Hanya saja terkesan terbengkalai karena jarang dikunjungi wisatawan. “Kadang masih ada beberapa wisatawan yang datang terutama wisatawan cycling,” imbuhnya. *esa

loading...

Komentar