nusabali

Desa Abang Launching Perpustakaan Generasi Emas

  • www.nusabali.com-desa-abang-launching-perpustakaan-generasi-emas

Perbekel Desa Abang, Kecamatan Abang, Karangasem I Nyoman Sutiryana, melaunching Perpustakaan Generasi Emas di Balai Serbaguna Desa Abang, Banjar Abang Kelod, Desa Abang, Kecamatan Abang, Karangasem, Kamis (11/7).

AMLAPURA, NusaBali

Perpustakaan ini dilengkapi dengan fasilitas internet gratis didukung 7 perangkat komputer. Koleksi buku sebanyak 970 judul. Ini merupakan perpustakaan pertama dimiliki kantor desa di Karangasem.

Perbekel Desa Abang I Nyoman Sutirtayana memiliki ide membangun perpustakaan untuk membantu siswa SD yang di sekolahnya tidak memiliki perpustakaan. Tujuan lainnya meningkatkan program literasi, membaca, menghitung dan menulis serta mempercepat siswa SD memahami teknologi komputer dan internet. Perpustakaan ini memanfaatkan ruangan seluas 18 meter x 3 meter di Balai Serbaguna Desa Abang.

Ruang perpustakaan diisi rak buku di sepanjang dinding bangunan. Di dalamnya dipajang 7 komputer untuk melayani pengunjung yang hendak memanfaatkan akses internet. Buku sebanyak 970 judul bantuan dari Provinsi Bali, kebanyakan cocok untuk buku bacaan anak-anak SD, terutama buku cerita lengkap dengan gambar. Sehingga menarik dan memikat bagi siswa untuk mendalami pengetahuan di bidang literasi.

Dalam waktu dekat berencana mengajak seluruh siswa SD terdekat yakni SDN 1 Abang, SDN 2 Abang, dan SDN 3 Abang agar secara rutin mengunjungi Perpustakaan Generasi Emas Desa Abang. Sehingga anak-anak terbiasa membaca dan memanfaatkan akses internet gratis itu. “Perpustakaan Generasi Emas yang kami bangun untuk generasi emas Desa Abang. Sehingga nantinya sumber daya manusia di Desa Abang semakin meningkat,” katanya.

Buat sementara lanjut perpustakaan hanya dibuka Senin-Jumat dari pukul 07.00 Wita - 16.00 Wita, dijaga satu orang staf BUMDes Desa Abang. Rencananya mencari tambahan tenaga agar bisa buka Sabtu dan Minggu. Di Perpustakaan Generasi Emas itu juga tersedia kantin, sehingga anak-anak atau masyarakat umum memanfaatkan perpustakaan itu sambil belanja makanan di kantin.

Terpisah, Kasek SDN 2 Abang I Nyoman Putu Sutirta membenarkan ada pembicaraan antara Perbekel Abang I Nyoman Sutirtayana dengan segenap Kasek SDN 1, Kasek SDN 2 Abang dan Kasek SDN 3 Abang, untuk memberdayakan seluruh siswa memanfaatkan Perpustakaan Generasi Emas, milik Desa Abang. “Walau di sekolah kami telah ada perpustakaan, kami dukung Perpustakaan Generasi Emas Desa Abang untuk melengkapi buku-buku yang tidak ditemukan di sekolah, bisa ditemukan di Perpustakaan Desa Abang,” jelas Nyoman Putu Sutirta. *k16

Komentar