nusabali

880 Peserta Ikuti Jambore Pasraman Nasional V di Bali

  • www.nusabali.com-880-peserta-ikuti-jambore-pasraman-nasional-v-di-bali

Sebanyak 880 peserta dari 33 provinsi di Indonesia mulai Selasa (2/7) kemarin hingga Minggu (7/7) depan, mengikuti Jambore Pasraman Tingkat Nasional (Jampasnas) V di Bali yang dipusatkan di Aston Hotel, Jalan Gatot Subroto, Denpasar.

DENPASAR, NusaBali
Event yang menjadi program unggulan Ditjen Bimas Hindu ini rencananya baru akan dibuka secara resmi oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saefuddin pada Rabu (3/7) hari ini pukul 19.00 Wita.  

Ketua Panitia Acara, Drs I Wayan Budha MPd mengatakan, dalam pembukaan Jampasnas malam ini, sejumlah pejabat rencananya juga hadir seperti Gubernur Bali Wayan Koster, Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan Dirjen Bimas Hindu Prof I Ketut Widnya MA MPhil PhD. “Bahkan Gubernur Papua juga sudah konfirmasi akan hadir,” ujar Wayan Budha saat jumpa pers di Denpasar, Selasa (2/7).

Dijelaskan, dalam Jampasnas V yang digelar selama enam hari ini sejumlah kegiatan akan digelar, diantaranya;  Lomba Mantra Tri Sandhya, Lomba Kramaning Sembah, Lomba Yoga Asanas, Lomba Cipta Baca Puisi Keagamaan Hindu, Lomba Bercerita Keagamaan Hindu, Lomba Pelafalan Doa Sehari-hari, Lomba Outbound, dan Lomba Dharmawidya (Cerdas-Cermat).

“Selain itu, dilaksanakan juga kegiatan pendalaman/pembinaan dalam bentuk sarasehan serta pada hari terakhir dilakukan tirtayatra yang diikuti seluruh peserta ke Pura Besakih Karangasem,” ujarnya seraya menyebut total ada sekitar 1.000 orang hadir dalam Jampasnas V ini meliputi peserta, official dan juri .

Sekretaris Ditjen Bimas Hindu, I Made Sutresna SAg MA menambahkan, kegiatan Jambore Pasraman Nasional ini sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan semangat kebersamaan, kepedulian, dan rasa kebangsaan kepada generasi muda Hindu dalam rangka memperkokoh keutuhan dan sekaligus turut serta membangun NKRI.

“Jambore Pasraman Nasional ini juga sebagai ajang untuk mematangkan persaudaraan antar generasi muda Hindu dari masing-masing provinsi karena mereka ini merupakan pilar pilar penjaga dharma,” kata Sutresna.

Jambore Pasraman Nasional pertama kali digelar pada tahun 2010 di Jakarta, berlanjut pada perhelatan II tahun 2012 juga digelar di Jakarta. Kemudian pada Jampasnas III tahun 2014 di Solo, berlanjut kemudian pada Jampasnas IV tahun 2016 Jogjakarta selaku tuan rumah dimana Provinsi Bali keluar sebagai juara umum. *isu

Komentar