nusabali

Rapor Diganti Surat Keterangan

  • www.nusabali.com-rapor-diganti-surat-keterangan

Warga dan pihak sekolah berharap Pemkab Bangli bisa memprioritaskan pembangunan kembali SDN 2 Kawan, Bangli.

Sekolah Terbakar, Semua Siswa SDN 2 Kawan, Bangli Naik Kelas

BANGLI, NusaBali
Sebanyak 244 siswa SDN 2 Kawan di Banjar Belungbang, Kelurahan Kawan, Bangli yang gedung sekolahnya ludes terbakar pada, Kamis (9/6) lalu, dinyatakan naik 100 persen di seluruh jenjang kelas. Sayangnya walau dinyatakan naik kelas, namun mereka belum menerima rapor. Sebab rapor mereka sebelumnya ikut ludes terbakar.

Sebanyak 244 siswa SDN 2 Kawan yang naik kelas itu berasal dari kelas I sampai kelas V. Sedangkan 45 orang siswa kelas VI masih menunggu pengumuman kelulusan. “Tidak ada yang tertinggal, semua naik kelas,” ujar Kepala SDN 2 Kawan, I Nyoman Runiarta, Sabtu (11/6). Sebagai pengganti rapor, pihak sekolah memberikan Surat Keterangan Kenaikan Kelas kepada masing-masing siswa. Surat Keterangan Kenaikan Kelas (SK3) itu ditandatangani oleh guru wali kelas dan diketahui kepala sekolah. “Kami sangat prihatin dengan musibah ini,” ucap Runiarta.

Pengumuman kenaikan kelas dilaksanakan di Gedung Bhayangkara Polres Bangli yang berlokasi di sebelah timur jalan atau di tenggara SDN 2 Kawan yang sama-sama beralamat di Jalan Merdeka, Bangli. Proses pengumuman diawali penyampaian kelulusan secara umum oleh Kasek I Nyoman Runiarta. Sekaligus menyampaikan permakluman pengumuman kenaikan kelas dalam suasana prihatin akibat musibah kebakaran sebelumnya.

Selanjutnya, pengumuman per kelas disampaikan masing-masing guru kelas/wali kelas, dengan memberi Surat Keterangan Kenaikan Kelas kepada setiap siswa. “Acara berlangsung sedernana, sekitar dua jam sejak pukul 08.30 Wita,” tambah Runiarta.

Sementara Kelian Banjar Adat Belungbang, I Putu Rupadana, berharap Pemkab Bangli bisa memprioritaskan pembangunan kembali SDN 2 Kawan. “Agar proses belajar mengajar berjalan lancar dan normal,” ujar Putu Rupadana. Apalagi, SDN 2 Kawan merupakan salah satu sekolah ‘bersejarah’, yakni sekolah perintis di Bangli dan juga merupakan salah satu SD favorit.  

“Kami juga rencananya koordinasi dengan para alumni untuk membahas hal itu,” tambah Rupadana baik dalam kapasitas sebagai prajuru adat/kelian adat serta  sebagai tokoh masyarakat. Sebelumnya diberitakan SDN 2 Kawan terbakar hebat pada, Kamis (9/6) pagi sekitar pukul 04.45 Wita. Akibat kebakaran tersebut, gedung utama sekolah untuk kelas III, IV, V dan kelas VI serta sebuah ruang guru ludes terbakar, berikut semua isi di dalamnya. Termasuk diantaranya rapor siswa yang rencanakan akan dibagikan pada kenaikan kelas, Sabtu (11/6). 7 k17

Komentar