nusabali

Desa Padangbai Gelar Pasraman

  • www.nusabali.com-desa-padangbai-gelar-pasraman

Desa Adat Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem menggelar pasraman sejak Kamis (20/6).

AMLAPURA, NusaBali
Kegiatan pasraman diikuti 40 siswa SD dan SMP. Sebanyak 12 tutor berikan materi yoga, menulis aksara Bali, majejahitan, menganyam ancak, menabuh, dan menari. Sumber dana dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Bali sebesar Rp 10 juta.

Bendesa Adat Padangbai, I Komang Nuriada mengatakan pasraman rutin digelar tiap tahun. Tahun ini merupakan kegiatan ke empat kalinya. Ada 10 kali pertemuan, dari pagi hingga sore. Pasraman digelar untuk mengisi liburan sekolah dan pendidikan karakter bagi siswa. Harapannya sejak dini memahami budaya Bali yang diperlukan untuk kepentingan upacara agama.

Terkesan buat banten pacaruan, majejahitan, ngulat ancak, dan sebagainya hanya didominasi kalangan orangtua. Sehingga kegiatan ini juga diberikan kepada kalangan remaja. Mereka diajarkan memahami cara menata upakara dan memahami maknanya. Penyarikan Desa Adat Padangbai I Gede Eka Primawata mengapresiasi semangat kalangan remaja mengikuti kegiatan pasraman. “Kami optimis kegiatan agama di Desa Padangbai ke depan lebih lancar,” ungkap Eka Primawata. *k16

loading...

Komentar