nusabali

Nusaning Nusa Memukau di Pawai PKB

  • www.nusabali.com-nusaning-nusa-memukau-di-pawai-pkb

Kontingen Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, tampil dalam pawai di depan podium kehormatan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLI, Sabtu (15/6) sore, dengan mengusung tema Nusaning Nusa.

SEMARAPURA, NusaBali

Tema ini menggambarkan budaya dan adat masyarakat kepulauan Nusa Penida baik di Nusa Gede, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Keunikan dan keanekaragaman budayanya meliputi kesenian tari dan tabuh, kain tenun, kuliner, dan logat bahasa Balinya. Nusaning Nusa mensinergikan dan mengkemas aneka budaya kepulauan Nusa Penida meliputi Tari Baris Jangkang (100 penari) dengan iringan gamelan Bebonangan, kober umbul-umbul (100 penari), Daha Teruna (20 orang) dan barisan Dulang Mangap/Pecalang (10 orang) dengan balutan pakaian khas Nusa Penida (kain cepuk, grodog, dan keling), simbol Kabupaten Klungkung, serta diiringi gamelan Balaganjur.

Koordinator Kontingen Kabupaten Klungkung, Dewa Ayu Wedana Asih mengatakan, keseluruhannya crew pendukung pawai berjumlah sekitar 300 seniman dalan bentuk pawai PKB. "Kita memperlihatkan keunikan yang dimiliki Nusa Penida baik dari garapan tari maupun busana yang ditampilkan," ujarnya.

Camat Nusa Penida I Komang Wdiyasa Putra mengatakan pertama kalinya kontingen pawai diwakili secara penuh kecamatan Nusa Penida. "Kesempatan baik ini bagian promosi keunikan kesenian dan busana khas rangrang dan cepuk," ujarnya. Garapan Nusaning Nusa maliibatkan seniman sebagai pembina antara lain I Ketut Lanus,  Ni Ketut Suwitri,  I Dewa Gede Rai Sudiarta,  Desak Gede Bunter dan I Dewa Gede Ardha Kencana. *wan

Komentar