nusabali

Peringati HUT Ke-9, Sekolah PDN Lepas 131 Siswa

  • www.nusabali.com-peringati-hut-ke-9-sekolah-pdn-lepas-131-siswa

Sekolah Pelangi Dharma Nusantara (PDN) yang beralamat di Jalan Tukad Banyusari, Denpasar melepas 131 siswa bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-9 pada Jumat (14/6).

DENPASAR, NusaBali

Jumlah tersebut merupakan siswa dari jenjang TK, SD, dan SMP. Selain pelepasan, sekolah yang dinaungi Yayasan Pelangi Dharma Negara ini juga memberikan berbagai penghargaan prestasi bagi siswa dan gurunya.

Ketua panitia acara pelepasan siswa, Ni Putu Darmayanti SPd MPd di sela-sela kegiatan mengungkapkan, pihaknya saat ini melepas sebanyak 131 siswa yang terdiri dari siswa Taman Kanak-kanak (TK) sebanyak 24 siswa, SD 67 siswa, dan SMP 40 siswa.

Mereka dilepas langsung Ketua Yayasan Pelangi Dharma Negara, I Wayan Suaba untuk memberikan kesempatan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Kata Darmayanti, pelepasan dilakukan bagi siswa yang sudah dinyatakan lulus di jenjang pendidikan mereka sebelumnya. "Mereka anak-anak yang dilepas untuk memasuki jenjang yang lebih tinggi. Sehingga, bertepatan dengan ulang tahun ini, kami berharap siswa-siswa yang dilepas bisa membawa nama baik sekolah ketika masuk ke sekolah yang baru. Anak-anak yang kami didik juga bisa mengeksplore diri mereka karena kami memberikan mereka bekal pendidikan bertahun-tahun di sini," jelasnya.

Dikatakannya, pelepasan saat ini memang dijadwalkan khusus bertepatan dengan hari ulang tahun Sekolah PDN. Dimana rangkaian kegiatannya sudah dilakukan sejak beberapa hari sebelumnya dengan melaksanakan lomba yang dapat membangun kerjasama antar siswa. Selain itu, dalam kegiatan ini kata dia, pihaknya memberikan apresiasi kepada siswa yang berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik dari tingkat TK hingga SMP.

Disamping itu, pihaknya juga memberikan penghargaan kepada siswa yang mendapatkan nilai tertinggi dalam Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) SMP, siswa berprestasi dalam Fairway Competition dalam ajang Walikota Cup X tahun 2019 dimana siswa Sekolah PDN mendapatkan juara III. Selain itu juga ada apresiasi atas cabang olahraga woodball dalam ajang Porjar Kota Denpasar tahun 2019. "Ada apresiasi guru terbaik juga dan pementasan anak-anak," ungkapnya.

Sementara Ketua Yayasan Pelangi Dharma Negara, I Wayan Suaba, mengungkapkan, pihaknya bahagia di hari ulang tahun yang ke-9 ini bisa bersamaan dengan pelepasan siswa lulusan tahun 2019. Sebab, di ulang tahun ini siswa-siswanya juga memiliki prestasi yang lumayan baik pada bidang akademik maupun di bidang non akademik.

Kata dia, dengan dilepasnya siswa-siswa tersebut, pendidikan karakter pendidikan formal lainnya dapat mereka bawa ke jenjang lebih tinggi, terutama siswa SMP yang ingin melanjutkan SMA. Sebab selama ini kata Suaba, siswa-siswa didikannya banyak yang diterima di sekolah-sekolah favorit yang ada di Denpasar. "Dengan pendidikan yang kami berikan, semoga bisa dibawa ke jenjang selanjutnya terutama prestasi mereka," ungkapnya.

Lanjut Suaba, pihaknya selaku yang menaungi sekolah tersebut tidak berpikir tentang profit oriented. Yang ada kata dia, tujuan adanya sekolah tersebut untuk membina anak-anak agar berprestasi dalam bidang sains, dan berbudi luhur. Suaba mengatakan, Sekolah PDN merupakan sekolah swasta yang memberikan SPP paling rendah diantara sekolah lainnya.

Sebab, diakuinya, SPP tersebut dibebankan ke siswa murni hanya untuk membiayai operasional sekolah, baik gaji guru pegawai, dan kebutuhan lainnya. "SPP yang kami bebankan ke siswa cukup rendah dari yang lainnya. Yang penting operasional kami terpenuhi, kami ingin sih guru-guru kami yang kebanyakan sudah Sarjana, Strata 2 (S2) bisa sebanding dengan guru lainnya. Sebab sekolah kami memang non profit," jelasnya.

Pihaknya berharap, untuk tetap mempertahankan sekolah tersebut, orang tua siswa tetap percaya dengan Sekolah PDN. Saat ini pelaksanaan pelepasan dilaksanakan cukup sederhana di sekolah, agar orang tua mengenal Sekolah PDN lebih dekat, baik lingkungan dan kondisi sekolah dari anak mereka selama ini belajar. *mis

Komentar