nusabali

Siswi SMAN 1 Amlapura Rebut 2 Gelar Juara

  • www.nusabali.com-siswi-sman-1-amlapura-rebut-2-gelar-juara

AMLAPURA, NusaBali - Siswi kelas XII MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) 3 SMAN 1 Amlapura Diah Shyamamohita Tri Cahyani, memenangkan dua gelar juara.

Dua dimaksud, Juara I Speech Competition Dies Natalis ke-4 Poltrada (Politeknik Transportasi Darat) Tabanan, Jumat (29/9). Satu lagi Juara III Guiding Contest Undiksha Singaraja, Senin (9/10).

Dengan dua gelar juara itu, siswi tersebut telah menyumbangkan sembilan gelar juara untuk sekolahnya. "Saya sempat grogi saat presentasi. Tapi mampu melakukan improvisasi untuk menutupi kesalahan itu sehingga menjadi yang terbaik di Poltrada Tabanan," jelas alumnus SMPN 2 Amlapura 2021, kepada NusaBali di SMAN 1 Amlapura, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Kamis (12/10).

Diah lahir pada 27 April 2006, Banjar Kebon, Desa Kerta Mandala, Kecamatan Abang, Karangasem. Dia menerangkan, teknis lomba di Poltrada Tabanan dengan mengirim video tentang emisi karbon. Di dalamnya memuat pesan, cara mengurangi emisi karbon dengan memanfaatkan angkutan umum.

Pesertanya dari Bali dan luar Bali 30 peserta mengirim video. Setelah melalui seleksi, maka karya video Diah dinyatakan berhak masuk final atau 6 besar. Para finalis mendapatkan undangan dari panitia, Jumat (29/9).

Lanjut, dewan juri kembali menguji dengan wawancara langsung, Ujian dengan pertanyaan satu per satu terkait menekan emisi karbon.

"Saya jelaskan, menekan emisi karbon, yang telah berkembang terkait teknologi transportasi di Indonesia. Cara mengurangi emisi karbon dengan memanfaatkan kendaraan listrik dan panel surya," jelas, siswi yang bercita-cita jadi dokter spesialis paru ini.

Dalam final itu ada enam tema. Diah memilih tema yang pelaksanaan konsepnya telah berkembang di Indonesia.  Putri bungsu dari 3 bersaudara pasangan I Nyoman Pica Sudarsana (alm) - Ni Luh Putu Arymartini ini, mengaku hobi bahasa Inggris sejak TK. Dia pun dalam lomba bisa mengungguli lawan-lawannya. Antara lain, Juara II Benekdita Amelin Livianto dari SMAK Kolase Santo Yusuf Malang. Sedangkan juara III diraih Ni Luh Ratih Deviyanti, siswi dari SMAN 1 Kuta Utara.

Gelar satu lagi direbut Diah 10 hari kemudian. Dia merebut Juara III Guiding Contest di Undiksha Singaraja, Senin (9/10). Sebelumnya, dia merebut gelar juara Lomba Video Promosi Pariwisata Bali 2023, diselenggarakan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Inggris SMK Bali, di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali, Minggu (7/5).

Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana mengaku telah menyiapkan generasi pengganti Diah Shyamamohita Tri Cahyani. "Ada adik kelasnya siap melanjutkan prestasinya sehingga prestasi siswa di sekolah ini berkelanjutan," jelas Marta Ariana. Sebelum lomba, katanya, siswa yang berbakat bidang bahasa Inggris menjalani seleksi internal.7k16

Komentar