nusabali

Supadma Beber Rencana Ani Yudhoyono Bangun Museum

  • www.nusabali.com-supadma-beber-rencana-ani-yudhoyono-bangun-museum

Cita-cita almarhumah Kristiyani Herrawati (Ibu Ani Yudhoyono) yang belum terwujud hingga meninggal dunia adalah mendirikan museum.

DENPASAR, NusaBali

Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) yang juga Wasekjen DPP Demokrat, Putu Supadm Rudana mengungkap kalau mendirikan museum sudah pernah dibahas antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono dan dirinya pada tahun 2017 silam atau sebelum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) maju di Pilgub DKI Jakarta.

Supadma Rudana yang juga anggota Komisi X DPR RI bidang pariwisata, seni-budaya, pendidikan, pemuda dan olahraga dari Fraksi DPR RI ini kepada NusaBali, Senin (3/5) menyebutkan Ani Yudhoyono dan SBY berencana mendirikan Yudhoyono Center yang di dalamnya ada museum, gallery, library, institute dan play ground buat anak-anak. “Itu buah pikiran dan gagasan Pak SBY dan Bu Ani Yudhoyono sebelumnya. Saya sebagai Ketua Umum AMI pernah diajak membahas rencana itu,” ungkap politisi asal Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar ini.

Kata Supadma Rudana, Yudhoyono Center yang rencananya didirikan di Bogor, Jawa Barat itu rencananya dipadukan sebagai museum dengan koleksi batik tenun kerajinan nusantara. “Kemudian ada karya seni lukisan sebagai cinderamata nusantara selama beliau mendampingi Pak SBY sebagai Presiden RI maupun sebelumnya,” ujar mantan anggota Departemen Seni dan Budaya DPP Demokrat ini.

Namun cita-cita tersebut belum bisa terwujud. SBY pun berjanji akan mewujudkan cita-cita dan mimpi Ani Yudhoyono tersebut. Kata Supadma Rudana, mimpi itu akan diwujudkan bersama putra-putra SBY, yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Eddy Bhaskoro (Ibas). “Kita sudah pernah matangkan wacana itu bersama Bu Ani dan Pak SBY. Tempatnya di Bogor Jawa Barat,” ungkap Supadma Rudana.

Dalam beberapa kali pembahasan bersama SBY dan Ani Yudhoyono tersebut, Supadma Rudana mengatakan dirinya memberikan masukan dari berbagai hal tentang gagasan pendirian museum, menarasikan sejarah, visi-misi dari pendirian museum itu sendiri. Terakhir gagasan pendirian museum itu dibahas saat Supadma Rudana mendampingi SBY di Jeju, Korea Selatan.

“Saya yakin Pak SBY dengan putra-putra beliau, Mas AHY dan Mas Ibas akan mampu mewujudkan mimpi Ibu Ani yang memang selama hidup beliau sangat konsen dengan nilai seni dan budaya adiluhung bangsa kita, memuliakan nilai- nilai sejarah bangsa kita,“ ujar Supadma Rudana.

Bukti kecintaan Ani Yudhoyono dengan seni dan budaya itu dalam setiap event Pesta Kesenian Bali (PKB) di Bali yang selama 10 tahun kepemimpinan Presiden SBY selalu dihadiri. “Bu Ani setiap pelaksanaan pembukaan PKB di Bali selalu hadir bersama Pak SBY. Tidak pernah absen itu,” ujar pemilik Museum Rudana, Ubud, Gianyar ini. *nat

Komentar