nusabali

Desa Wisata Untuk Kesejahteraan Masyarakat

  • www.nusabali.com-desa-wisata-untuk-kesejahteraan-masyarakat

Perbekel Desa Lodtunduh, Kecamatan Ubud, Gianyar, I Wayan Gunawan mengharapkan pengembangan Desa Wisata Lodtunduh, sesuai keinginan masyarakat. Dengan pengembangan ini, potensi wisata desa ini dapat berkembang dengan baik.

Perbekel Desa Lodtunduh I Wayan Gunawan

GIANYAR, NusaBali
Potensi dimaksud didukung dengan pelestarian adat, budaya, serta pertanian. ‘’Semua yang kami kembangkan tiada lain untuk kesejahteraan masyarakat desa’’ jelasnya, Jumat (31/5).

Gunawan mengatakan, ide pengembangan desa wisata tersebut sesuai dengan sumber dayang yang ada. Antara lain, kearifan lokal, keunikan alam dan budaya, posisi desa sebagai penyanding kawasan wisata Ubud di sisi selatan. Dalam pengembangannya, desa wisata ini tentu didasari sprit Sapta Pesona dan Landuh, artinya cukup sandang, pangan, papan sehingga menjadi sejahtera.

“Hal ini sesuai visi dan misi Desa Lodtunduh, visi terwujudnya masyarakat Desa Lodtunduh yang adil sejahtera dan berbudaya berbasisi pariwisata, industri kecil dan menengah dan usaha kerakyatan berdasarkan Tri Hita Karanga,” ujar Wayan Gunawan saat ditemui di ruang kerjanya Kantor Perbekel Desa Lodtunduh.

Dengan pengembangn desa wisata ini, pemberdayaan bidang pertanian makin hidup. Demikian juga bidang kerajinan, kepemudaan, penataan lingkungan di masing-masing banjar, terus digenjot. Kebersihan wilayah terutama akibat guyuran sampah plastik. “Tantangan tentu tak kecil terutama dalam mengedukasi masyarakat terkait Sapta Pesona,” katanya.7wan

loading...

Komentar