nusabali

4 SMP dan 23 SD di Gianyar Tanpa Kasek

  • www.nusabali.com-4-smp-dan-23-sd-di-gianyar-tanpa-kasek

Posisi kepala sekolah (Kasek)  di 4 SMP dan 23 SD di bumi seni Gianyar kosong.

GIANYAR, NusaBali

Sementara ini, posisi kasek dijabat pelaksana tugas (Plt) oleh guru yang dianggap senior di sekolah masing-masing. Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Gianyar, I Wayan Sadra, ketika dikonfirmasi mengatakan proses pengisian kasek agar segera dilakukan.

Menurutnya, kekosongan jabatan tersebut lantaran kasek sebelumnya sebagian besar memasuki usia pensiun. Ada yang pensiun akhir 2018 lalu, ada juga yang pensiun awal tahun ini. "Sementara, Bupati baru bisa melakukan pengisian beberapa bulan setelah dilantik. Jadi pertengahan tahun ini kami pastikan terisi," ujar Sadra, Minggu (26/5).

Lebih rinci dijabarkan, 4 SMP tanpa kasek dari 23 SMP negeri, yakni SMP N 3 Payangan, SMP N 1 Tampaksiring, SMP N 4 Sukawati dan SMP N 3 Blahbatuh. Sementara untuk sekolah dasar dari yang jumlahnya 281, sebanyak 23 diantaranya diisi oleh Plt kepala sekolah. "Jadi total ada 27 SMP dan SD Negeri yang diisi oleh Plt kepala sekolah," katanya.

Memasuki pertengahan tahun ini, Sadra memastikan sejumlah posisi kepala sekolah itu sudah akan diisi. “Nanti akan ada penyerahan SK kepala sekolah, kepada guru yang ditunjuk,".ungkapnya.

Dikatakan, puluhan posisi itu tentunya akan diisi oleh guru PNS, yang sudah memiliki sertifikat calon kepala sekolah. Sadra juga menambahkan jumlah guru yang memiliki sertifikat itu masih memadai di Kabupaten Gianyar. "Yang memiliki sertifikat itu jumlahnya memadai, jadi tinggal nanti dilakukan penempatan oleh bapak bupati," tambahnya. *nvi

Komentar