nusabali

Diskoperindag Sidak SPBU di Jalur Mudik

  • www.nusabali.com-diskoperindag-sidak-spbu-di-jalur-mudik

Jelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2019, jajaran Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskoperindag) Jembrana, melakukan sidak ke sejumlah SPBU yang berada di jalur mudik wilayah Kabupaten Jembrana.

NEGARA, NusaBali

Sidak untuk mencegah kecurangan pengisian termasuk memastikan ketersediaan BBM jelang arus mudik, itu menyasar enam SPBU di wilayah kota Negara hingga Kecamatan Melaya, Selasa (14/5).

Enam SPBU yang disasar secara maraton pada Selasa mulai sekitar pukul 08.30 Wita hingga 14.00 Wita, itu di antaranya SPBU di Jalan Sudirman, Kelurahan Pendem, SPBU di Desa Kaliakah, Kecamatan Negara,SPBU di Desa Banyubiru, SPBU di Desa Tuwed, SPBU di Batukarung, Desa Melaya, dan SPBU di Sumbersari, Desa Melaya. Selain mengecek takaran setiap mesin pengisian BBM dengan menggunakan bejana ukur di masing-masing SPBU, juga didata mengenai kesiapan pasokan BBM jelang arus mudik nanti.

Kepala Dinas Koperindag Jembrana I Komang Agus Adinata, mengatakan dari 13 SPBU se-Jembrana, 12 di antaranya merupakan SPBU yang berada di jalur mudik. Satu SPBU yang tidak termasuk di jalur mudik, adalah SPBU di Jalan Ngurah Rai, Kelurahan Loloan Timur, Kecamatan Jembrana. Dari 12 SPBU di jalur mudik itu, 7 di antaranya yang berada di wilayah timur sudah disasar pada Senin (13/5), kemudian dilanjutkan ke 6 SPBU pada Selasa kemarin, dan ada satu SPBU yang belum disasar, yakni SPBU di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya. “Tinggal SPBU yang di Gilimanuk. Kemungkinan besok (hari ini) akan kami cek,” ujarnya.

Menurut Agus, dari sidak yang sudah dilakukan ke 11 dari 12 SPBU yang ada di jalur mudik itu, dipastikan tidak ada kecurangan pengisian BBM. Sedangkan untuk ketersedian BBM, juga sudah dipersiapkan pihak SPBU. “Jelang arus mudik, SPBU sudah siap menambah stok BBM mereka. Dari Depo Pertamina, informasinya juga siap mendistribusikan tambahan pasokan BBM. Kami rasa, SPBU juga sudah mempersiapkan kebutuhan BBM, agar tidak sampai terjadi kekosongan BBM saat arus mudik nanti,” ucap mantan Camat Negara ini.

Sementara pengawas SPBU di Jalan Sudirman, Putu Suartama, mengakui sudah berkoordinasi dengan pihak Depo Pertamina di Manggis, Kabupaten Karangasem, terkait kesiapan penambahan pasokan saat memasuki arus mudik nanti. Saat sudah mulai ramai arus mudik, pihaknya yang biasa memesan 8 ton untuk semua jenis BBM, berencana menambah permintaan menjadi 16 ton atau dua kali lipat dari hari biasa. “Ya kami sudah siapkan untuk menambah stok. Dari Pertamina juga tidak ada kendala pengiriman, dan berapa pun nanti kami minta ke Pertamina, pasti akan dikirim,” ujarnya. *ode

loading...

Komentar