nusabali

Bupati Suwirta Gelar Temu Wirasa di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-gelar-temu-wirasa-di-nusa-penida

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengadakan kegiatan Temu Wirasa I Tahun 2019, di Balai Banjar Bayuh, Desa Kutampi, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, pada Senin (13/5/).

SEMARAPURA, NusaBali

Bupati didampingi Plt Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Klungkung I Komang Susana, Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya dan seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Klungkung

Dalam acara itu, Bupati Suwirta menerangkan program Pemkab Klungkung yang sedang berjalan yakni Perbup KTR dan TOSS, Satu Desa Satu TK Negeri, program budidaya sayuran hidroponik untuk KK miskin, angkutan antar-jemput siswa TK Negeri, enterpreneur masuk desa, memberangkatkan anak KK miskin ke kapal pesiar dan program lainnya.

Salah seorang warga, I Nyoman Yoga mengharapkan agar air bersih bisa segera bisa dinikmati masyarakat Nusa Penida. Perbekel Desa Suana I Putu Rai Sudarta menyarankan kepada instansi terkait agar pengelolaan sampah di Nusa Penida bisa berjalan dengan baik.

Ketua Forum Perbekel I Ketut Gede Arjaya menyarankan kepada instansi terkait, agar hasil pertanian di Nusa Penida bisa dibantu pada bagian pemasarannya. Nyoman Sukada menambahkan agar pemerintah dapat membantu dengan memberikan dana untuk kegiatan yang melibatkan lansia.

Terkait aspirasi tersebut, Bupati Suwirta menyampaikan terkait masalah air, Bupati Suwirta menugaskan kepada Direktur PDAM Nyoman Renin Suyasa untuk berkantor selama dua minggu di Nusa Penida. Untuk menyelesaikan perencanaan dan biaya yang diperlukan untuk merealisasikan 100 persen air bersih bagi masyarakat Nusa Penida. Diharapkan, tahun 2020 hal tersebut bisa terealisasikan. Terkait infrastruktur jalan di Nusa Penida, Bupati Suwirta meminta Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemerintah Klungkung agar segera menurunkan tim untuk menginventarisir panjang jalan yang belum terselesaikan di Nusa penida. Agar kedepannya akan ditindaklanjuti. Terkait kemacetan arus lalulintas di Pasar Toya Pakeh, Bupati Suwirta meminta dinas terkait untuk menata pedagang yang berjualan, agar bisa berjualan di tempat yang sudah disediakan dan menata parkir kendaraan.

Soal penggunaan Dana Desa, Bupati Suwirta menugaskan para perbekel untuk menggunakan dana desa dalam hal pemberdayaan masyarakat, tidak hanya dalam hal pembangunan desa saja. Mengenai pengelolaan sampah, Bupati Suwirta menugaskan Dinas Lingkungan Hidup segera menindaklanjuti hal tersebut dan mengharapkan para pengusaha di Nusa Penida untuk bersama-sama dengan Pemkab dan masyarakat dalam hal mengelola sampah.

Bupati Suwirta mengharapkan para perbekel dapat menginventarisir jumlah KK Miskin agar segera dikumpulkan ke Dinas Sosial untuk ditindaklanjuti. Kepada para OPD Bupati Suwirta mengharapkan agar OPD dapat segera menindaklanjuti proposal yang sudah masuk ke masing-masing OPD dan menguatkan inventarisir permasalahan yang terjadi di masyarakat sesuai dengan bidang pekerjaan masing-masing.*wan

loading...

Komentar