nusabali

Serahkan Hasil Pemeriksaan LPKD, BPK Ingatkan Efisiensi

  • www.nusabali.com-serahkan-hasil-pemeriksaan-lpkd-bpk-ingatkan-efisiensi

Selama hampir sebulan belakangan ini, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Bali telah melakukan pemeriksaan terhadap Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah (LPKD) Jembrana tahun 2018.

NEGARA, NusaBali

Setelah merampungkan tugas mereka di Jembrana, Kepala BPK RI Perwakilan Bali bersama anggota, menyerahkan hasil pemeriksaan kepada Bupati Jembrana I Putu Artha, di ruang VIP Bupati Jembrana, Jumat (26/4)

Kepala BPK Perwakilan Bali Sri Haryoso Suliyanto, mengatakan selain melakukan pemeriksaan, kehadiran BPK RI ke daerah-daerah juga selalu mengedepankan asas pembinaan. Dari hasil pemeriksaan sesuai fakta di lapangan, selain secara umum telah baik, ada beberapa hal yang perlu diatensi Pemkab Jembrana. “Dalam sebulan kami melakukan pemeriksaan tentu ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian. Terhadap beberapa kekurangan yang menjadi catatan, tentunya kami minta agar Pemkab Jembrana melakukan langkah-langkah kongkret sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Dalam pengelolaan dan penggunaan anggaran, Sri Haryoso Suliyanto juga mengingatkan Pemkab Jembrana, agar tetap mengacu pola efisiensi dan membuat pertanggung jawaban tepat waktu. Melalui pola tersebut, tentunya pembangunan daerah akan cepat maju, dan kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat. “Tentu Pemerintah dituntut dalam pengelolaan anggaran, dikelola dengan penuh efisiensi. Sementara setiap anggaran yang dikeluarkan agar disertai dengan pertanggungjawaban sesuai aturan yang ada. Selain itu juga Pemerintah juga dituntut untuk menggali sumber-sumber pendapatan lainnya yang sah,” tegasnya.

Bupati Artha yang didampingi Sekda Jembrana Made Sudiada, Inspektur pada Inspektorat Jembrana, Ni Wayan Koriani, dan beberapa Kepala OPD terkait, mengaku, sangat mengapresiasi kinerja BPK Perwakilan Bali selama sebulan di Kabupaten Jembrana. Karena melalui pemeriksaan itu, diketahui berbagai kekurangan yang perlu diperbaiki. “Terhadap adanya kekurangan-kekurangan di lapangan, kami sebagai Pimpinan Daerah segera akan menindaklanjutinya,” ujarnya. *ode

Komentar