nusabali

Jadwal Pilkel Serentak Masih Tentatif

  • www.nusabali.com-jadwal-pilkel-serentak-masih-tentatif

Bagi perbekel yang telah menjabat dua periode bisa mencalonkan diri kembali.

AMLAPURA, NusaBali

Jadwal Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak di 21 desa se-Kabupaten Karangasem masih tentatif. Jadwal semula awal Desember 2019 dan pelantikan kolektif pada Januari 2020 bisa maju, bisa pula mundur. Para perbekel yang sempat mengundurkan diri, bisa kembali mencalonkan diri sepanjang belum menjabat tiga periode.

Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa Karangasem, I Komang Agus Sukasena, mengatakan perbekel yang sempat mengundurkan diri karena jadi calon anggota Legislatif di Pemilu 2019, jika berniat kembali mencalonkan diri dijamin UU No 06 tahun 2016 tentang Pemerintahan Desa dan Perda Nomor 12 tahun 2015. “Sepanjang yang bersangkutan belum pernah menjabat tiga periode secara berturut-turut, boleh kembali mencalonkan diri,” kata I Komang Agus Sukasena, Jumat (19/4).

Salah satu perbekel yang mengundurkan diri sebelumnya yakni Perbekel Desa Sibetan Kecamatan Bebandem, I Nengah Kompyang. Dia mundur karena jadi caleg Partai Perindo di Pemilu 2019 dari Daerah Pemilihan Karangasem II (Kecamatan Bebandem). Tercatat sebanyak 21 jabatan perbekel yang diperebutkan di pilkel serentak nanti yakni Desa Selat, Muncan, Peringsari, Duda Utara, Seraya Barat, Rendang, Nongan, Besakih, Pesaban, Telaga Tawang, Bebandem, Bungaya, Sibetan, Budakeling, Bhuana Giri, Bunutan, Tribuana, Ulakan, Tenganan, Tulamben, dan Ban.

“Ingat masa jabatan perbekel kali ini sesuai UU No 06 tahun 2014 yakni tiga periode, satu periode 6 tahun. Bagi perbekel yang telah menjabat dua periode bisa mencalonkan kembali,” katanya. Mantan Perbekel Sibetan I Nengah Kompiang dihubungi tidak ada nada sambung. Sehingga didapat konfirmasi apakah yang bersangkutan kembali berniat mencalonkan diri.

Berbeda dengan Perbekel Bebandem I Gede Partadana mengaku kembali akan mencalonkan diri untuk jabatan ketiga kalinya. “Kami berencana kembali maju jadi calon Perbekel Bebandem karena masih ada program pengentasan kemiskinan belum tuntas,” kata Gede Partadana. Perbekel Desa Seraya Barat Kecamatan Karangasem, I Wayan Patra Suarsa, juga mengaku siap maju di pemilihan perbekel mendatang untuk jabatan yang kedua kalinya. *k16

loading...

Komentar