nusabali

PDIP Berjaya Diprediksi Kuasai Kursi Legislatif

  • www.nusabali.com-pdip-berjaya-diprediksi-kuasai-kursi-legislatif

Peningkatan perolehan suara PDIP di Gianyar dipastikan akan menggeser komposisi kekuatan politik di DPRD Gianyar.

GIANYAR, NusaBali

Dari data sementara yang masuk di dapur real count DPC PDIP Gianyar, dipastikan banteng akan menguasai lebih dari separuh kursi di DPRD Gianyar. Dari total 40 kursi, diperkirakan 26 kursi (65 persen) akan diduduki para kader PDIP.

“Sejauh ini perkiraan perolehan kursi di DPRD Gianyar 26 kursi. Itu kira-kira, saya masih berproses ini naik turunnya,” ujar Ketua DPC PDIP Gianyar, Made Agus Mahayastra saat dihubungi, Jumat (19/4). Dari peningkatan ini, diperkirakan per dapil rata-rata nambah 2 kursi.

Keberhasilan ini, menurut Mahayastra merupakan bukti dari kerja kerasnya selama ini. “Nika (itu, red) kerja yang lama, selama 5 tahun kami kerjakan itu, terlebih putaran terakhir 2018-2019 kita punya Ketua DPC sebagai Bupati,” ujarnya bangga. Mahayastra mengaku sejak awal sudah memprediksi perolehan suara banteng moncong putih di Gianyar akan meningkat signifikan. Indikasinya, dari gencarnya pergerakan para caleg dan Tim Pemenangan PDIP. "Saya sendiri juga mewajibkan diri untuk datang ke masyarakat. Hampir seluruh desa saya sambangi sembari mengenalkan kader-kader yang menjadi kontestan di Pemilu 2019," ungkapnya.

Prestasi serupa bagi PDIP juga terjadi di Kabupaten Jembrana. Pada Pileg kali ini, PDIP diprediksi merebut 17 hingga 19 kursi DPRD Jembrana naik signifikan dibandingkan raihan 14 kursi di Pileg 2014 lalu.

Ketua DPC PDIP Jembrana, I Made Kembang Hartawan, Jumat kemarin memprediksi partainya dapat merebut 19 kursi. Menurutnya, capaian prestasi di  Pileg 2019 ini tidak terlepas dengan kerja-kerja ideologis, di samping kerja kolektif. “PDIP akan ada saat rakyat senang maupun susah. Saya akan terus berusaha menjaga kepercayaan ini,” ujar Kembang yang juga Wakil Bupati Jembrana ini.

Aksi sapu bersih kursi DPRD oleh PDIP juga diprediksi terjadi di Kabupaten Badung. Digadang-gadang perolehan kursi partai berlambang banteng moncong putih ini setengah lebih dari kursi yang ada.

“Dari 40 kursi, estimasi kami memperoleh 27 kursi. Ini estimasi ya,” kata Sekretaris DPC PDIP Badung, I Putu Parwata, Jumat kemarin. Tambahan kursi di DPRD Badung diklaim merata di seluruh kecamatan. Sesuai hitungan sementara internal DPC PDIP Badung, Dapil Mengwi diprediksi memperoleh 8 kursi, Abiansemal 6 kursi, Kuta Selatan 4 kursi, Kuta Utara 4 Kursi, Kuta 3 kursi, dan Petang 2 Kursi.

Parwata mengatakan, estimasi perolehan kursi di DPRD Badung ini berasal dari input data yang dilakukan secara internal. “Data yang masuk 90 persen, kami masih melakukan penginputan data,” katanya.

Dengan prediksi tersebut, praktis PDIP memperoleh tambahan kursi sebanyak 11 kursi. Sebab, pada periode saat ini PDIP memiliki 16 kursi dari 40 kursi di DPRD Badung. *nvi, ode, asa

loading...

Komentar