nusabali

Sanggar Seni Santhi Budaya Pentas di Tiongkok

  • www.nusabali.com-sanggar-seni-santhi-budaya-pentas-di-tiongkok

Sebanyak 15 pemuda anggota Sanggar Seni Santhi Budaya, Singaraja, Rabu (17/4) bertolak ke Tiongkok untuk mementaskan sejumlah kesenian Bali.

SINGARAJA, NusaBali

Mereka yang terpilih bergabung dalam International Organization For Folkart (IOV) Indonesia Youth Section, lembaga yang bernaung di bawah United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), akan memperkenalkan kesenian rakyat Indonesia.

Belasan penari di bawah binaan Gusti Eka Prasetya, akan membawakan tari kreasi baru Legong Mandara Giri. Mereka juga akan menyaksikan kesenian negara lain dari tanggal 17-23 April mendatang dalam rangkaian acara ‘the 36th Weifang International Kite Festival and the 4th Spring of International Folk Art’.

Kepala Dinas Kebudayaan Gede Komang, yang melepas mereka pada Selasa (16/4) lalu, menyatakan  terpilihanya sanggar seni di Buleleng menjadi anggota IOV Indonesia merupakan kebanggaan yang luar biasa. Mereka sebagai duta Indonesia selain menjalankan misi UNESCO, dalam berjuang melestariakan budaya lokal yang nyaris ditinggalkan oleh anak-anak usia muda di tengah gempuran teknologi.

“Jadi mereka ini yang memang dipilih dan berangkat sendiri secara swadaya, akan menampilkan kesenian mereka dihadapan peserta dari seluruh dunia, ini sebuah kebanggan buat kita di Buleleng,” kata Gede Komang.

Mantan Kepala Dinas Sosial ini pun menekankan jika dalam ajang festival seni rakyat Internasional ini melalui Sanggar Santhi budaya, Buleleng mendapatkan manfaat lansung mengenalkan dan mempromosikan kesenian yang dimiliki.  Gede Komang pun menegaskan nilai terpenting yang dapat diambil dari keterlibatan ini adalah regenerasi dan pelestarian kesenian dan budaya oleh pemuda. Dengan keterlibatan mereka, kesenian tradisional yang mulai jarang dilirik anak seusia mereka dapat memberikan pengaruh dan contoh bagi pemuda-pemuda lainnya.

“Perjuangan itu tak hanya dilakukan dengan mengangkat senjata dan berperang, dengan menjadi duta kesenian ini juga mereka adalah pahlawan penyelamat seni dan budaya di daerahnya,” imbuh dia. Pihaknya pun berharap setelah kesempatan yang diraih Sanggar Seni Santhi Budaya, dapat menarik minar pemuda dan generasi milenial membangkitkan lagi gelora mempelajari dan melakukan aktivitas seni. *k23

Komentar