nusabali

Menengok 350 Bayi Koral di Perairan Sanur Kauh

  • www.nusabali.com-menengok-350-bayi-koral-di-perairan-sanur-kauh

Terdapat 3 jenis soft coral yang ditransplantasi dan baru memasuki umur 1 bulan.

DENPASAR, NusaBali.com
Setelah sukses dengan proyek transplantasi dan restorasi koral di daerah Candidasa, Karangasem, Ocean Gardener, sebuah yayasan yang bergerak di bidang restorasi dan transplantasi koral, kembali melakukan hal yang sama di perairan Sanur Kauh, Denpasar. Dalam event yang bertajuk ‘Coral Restoration’ tersebut, Ocean Gardener menggandeng Rip Curl School of Surf dan Prama Hotel untuk bekerja sama membangun ekosistem baru bagi koral tepat di bawah mercusuar Sanur Kauh.

“Kita ingin memberikan edukasi melalui sebuah yayasan yang bernama Ocean Gardener yang bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada orang awam yang tidak mengetahui tentang koral, khususnya koral hasil budidaya atau transplantasi,” ungkap I Nyoman Sukadana Putra, selaku Penanggung jawab dari Ocean Gardener, Senin (15/4).


Dalam event yang diikuti sejumlah 26 peserta dari kalangan media dan komunitas tersebut, Ocean Gardener mengajak para peserta bersnorkeling untuk menengok sekitar 350 bayi koral yang telah berumur 1 bulan. “Tadi kita melihat tumbuh kembang koral itu sendiri dan apa masalah-masalah yang dihadapi koral saat ini. Tentunya, semua telah melihat keadaan di bawah sangat indah, yang sebelumnya tidak ada koral, sekarang sudah ada koral dan ada ikan yang mengunjungi,” sambung Sukadana.

Berdiri pada tahun 2016, Ocean Gardener pertama kali melakukan restorasi dan transplantasi koral di Candidasa, Karangasem. Di tahun 2019, Ocean Gardener bekerja sama dengan Rip Curl dan Prama Hotel karena memiliki konsep yang sama, yaitu ‘Saving Planet’ untuk menjaga alam yang dimiliki. Konsep yang dipegang teguh Ocean Gardener saat ini ada 3, yaitu pemanfaatan, yakni dalam bentuk pemanfaatan laut saat ini; konservasi, yakni menjaga laut untuk kebutuhan pariwisata dan lainnya; dan konsep sustainability, yaitu agar kegiatan tersebut berkelanjutan.


Ada pun jenis-jenis koral yang ditanam di perairan Sanur Kauh yaitu, jenis Soft Coral Sinularia, Lobophytum, dan Sarcophyton. Setelah berhasil dengan uji coba transplantasi koral yang telah berjalan 1 bulan tersebut, rencananya Ocean Gardener juga akan menambah beberapa instalasi berupa reef untuk memberi rumah bagi ikan-ikan serta ekosistem baru bagi koral.

Sukadana pun berharap, agar ke depannya masyarakat di seluruh dunia mengerti akan pentingnya menjaga koral dan menerapkan 3 konsep yang ditawarkan Ocean Gardener, yakni pemanfaatan, konservasi, dan keberlanjutan terhadap ekosistem laut dan terutama pertumbuhan koral. *cr41

loading...

Komentar