nusabali

Disiapkan Rencana Pengelolaan Kawasan

  • www.nusabali.com-disiapkan-rencana-pengelolaan-kawasan

Kepala DLH Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi menjelaskan, dengan masuknya kawasan Danau Buyan dan Danau Tamblingan menjadi kawasan Danau Prioritas Nasional II, pada tahun 2019 ini pihak Pemerintah Pusat melalui  Balai DAS Unda-Anyar, P3I Bali Nusra, dan Pemprov Bali melalui DLH Provinsi Bali, serta Pemkab Buleleng akan menyusun Rencana Pengelolaan (RP) kawasan Danau Buyan dan Danau Tamblingan secara menyeluruh.

SINGARAJA, NusaBali
“Sehingga semua program kegiatan seluruh instansi atau stakeholder terkait bisa bersinergi yang dituangkan dalam dokumen RP itu. Kalau sudah RP selesai, inilah pedoman pengelolaannya termasuk program 13 kementerian yang masuk ke Danau Buyan dan Danau Tamblingan,” jelasnya.

Ariadi Pribadi menambahkan, pada bulan April 2019 ini sudah mulai dilakukan penyusunan RP dimaksud. Langkah awal adalah menyusun Tim Kelompok Kerja (Pokja) yang diketuai oleh Sekda Buleleng dan dikoordinir oleh Bappeda Litbang Buleleng. Sehingga RP ini bisa masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Buleleng.

Masuknya kawasan Danau Buyan dan Tamblingan ini sebagai Danau Prioritas Nasional II merupakan hasil pendekatan yang dilakukan oleh Bupati Agus Suradnyana dengan Menteri LHK Siti Nurbaya di Jakarta belum lama ini. Dirinya secara langsung mengusulkan penataan dua danau di Buleleng itu untuk mendapatkan anggaran dari APBN dalam penataannya. Pada pertemuan tersebut, Bupati Agus berhasil meyakinkan Menteri Siti Nurbaya hingga akhirnya dua danau itu masuk prioritas nasional. *k19

Komentar