nusabali

Tiket Mahal, Pendapatan Agen Perjalanan Turun 40%

  • www.nusabali.com-tiket-mahal-pendapatan-agen-perjalanan-turun-40

Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia (Asita) mengakui mengalami penurunan pendapatan hingga 40 persen semenjak tarif tiket pesawat mulai mahal.

JAKARTA, Nusa Bali
Ketua Umum Asita, Rusmiati, mengatakan, agen yang paling terdampak yakni mereka yang hanya menjual tiket tanpa fasilitas paket wisata domestik.

“Sebenarnya ini tidak baik, karena permintaan pelaku usaha di destinasi wisata juga mengakui mengalami penurunan permintaan sekitar 30 persen. Ini dampaknya bukan hanya tourism, tapi keseluruhan ekonomi,” kata Rusmiati, kepada wartawan usai Pelantikan DPP Asita 2019-2024 di Kementerian Pariwisata, Senin (8/4) malam.

Sekalipun diakui, beberapa wisatawan domestik alhasil merubah destinasi ke luar negeri, hal itu tetap menurunkan pendapatan agen travel. Di satu sisi, harga tiket pesawat yang lebih murah untuk rute ke negara tetangga daripada rute domestik membuat pelaku usaha travel prihatin.

Rusmiati menjelaskan, pihaknya sejalan dengan sikap Kementerian Pariwisata yang terus mendorong maskapai untuk membuka sub kelas tiket. Para agen wisata tidak menuntut maskapai untuk menurunkan tiket secara merata. Namun, lebih kepada penyediaan sub kelas tiket dari yang termurah hingga tertinggi. Tentunya harga yang ditetapkan sesuai dalam koridor tarif batas bawah dan tarif batas atas. *ant

Komentar