nusabali

Listrik di RSU Bangli Padam

  • www.nusabali.com-listrik-di-rsu-bangli-padam

Layanan di RSU Bangli terganggu akibat pemadaman listrik, Selasa (9/4) sore.

BANGLI, NusaBali

Saat listrik padam selama satu jam, genset di rumah sakit tidak berfungsi. Keluarga pasien pun mengeluhkan kondisi tersebut. Apalagi RSU Bangli tidak ada lampu emergency.

Salah seorang keluarga pasien menyayangkan ketidaksigapan RSU Bangli antisipasi listrik mati. “Jika sedang berlangsung operasi, tentu risikonya tinggi. Bisa-bisa pasien meninggal,” sebutnya. Diharapkan saat listrik mati, RSU Bangli siaga genset. “Kami mendapat info bila listrik mati, genset otomatis hidup, tapi gensetnya tidak berfungsi. Kayaknya kurang SDM di sini,” imbuhnya.

Direktur RSU Bangli, I Wayan Sudiana, saat dikonfirmasi mengakui ada gangguan listrik. Disampaikan jika listrik di RSU padam dan genset tidak bisa hidup otomatis karena ada masalah pada komponen genset. “Biasanya genset hidup secara otomatis dalam hitungan 1-2 menit jika listrik padam. Karena ada masalah maka dihidupkan manual. Layanan sudah kembali normal,” tegasnya.

Sudiana mengatakan tiga hari yang lalu sudah uji coba genset dan kondisinya bagus. “Kami rutin setiap dua minggu melakukan pengecekan. Hasil kemarin kondisinya normal,” sebutnya. Sudiana mengaku tidak mendapatkan pemberitahuan dari PLN jika terjadi pemadaman listrik. “Kemungkinan gangguan baru. Biasanya kalau ada pemadaman bergilir pasti ada pemberitahuan, sehingga kami bisa siap-siap,” jelasnya via telepon. *esa

Komentar