nusabali

RSD Siapkan Dokter Spesialis dan Psikater

  • www.nusabali.com-rsd-siapkan-dokter-spesialis-dan-psikater

Ada 292 caleg yang memperebutkan 40 kursi DPRD Badung. RSD Mangusada menyiapkan dua orang dokter spesialis dan seorang psikiater.

Antisipasi Caleg Stres karena Gagal di Pileg 2019  

MANGUPURA, NusaBali
Banyak rumah sakit bersiap mengantisipasi para calon legislatif (caleg) yang stres akibat kalah bertarung pada Pileg pada 17 April mendatang. Begitu juga Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada di Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi. Kendati begitu, rumah sakit milik Pemkab Badung ini tidak menyiapkan ruangan khusus, melainkan hanya menyiagakan dua dokter spesialis kejiwaan dan satu orang psikiater.

“Ruangan khusus untuk pasien tertentu atau yang mengalami stres (para caleg gagal, Red) tidak ada. Kami hanya menyiapkan dua dokter spesiali kejiwaaan dan satu orang psikiater, yang ada di klinik jiwa saja,” ungkap Dirut RSD Mangusada dr I Nyoman Gunarta, Selasa (9/4).

Menurut Gunarta, dokter di klinik jiwa hanya menangani pasien yang stres ringan dan sedang. Namun, jika stresnya sudah mengarah pada kategori berat, maka rumah sakit akan menyarankan langsung ke Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) RSJ Provinsi Bali di Kabupaten Bangli.

Selama ini, aku Gunarta, belum ada caleg yang kalah bertarung pada pemilihan legislatif (pileg) alami stres. “Tapi sebagai antisipasi kami tetap mengoptimalkan klinik jiwa yang ada,” tandasnya.

Sesuai data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung, terdapat 292 caleg yang akan merebutkan kursi DPRD Badung. Sebanyak 292 caleg tersebut  terdiri dari 181 laki-laki dan 111 perempuan. Ratusan caleg ini tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Badung.

Di Kecamatan Mengwi, terdapat 69 caleg yang akan memperebutkan 10 kursi, Kecamatan Abiansemal terdapat 52 caleg yang akan memperebutkan 8 kursi, Kecamatan Petang terdapat 17 caleg yang merebutkan 3 kursi, Kuta Selatan terdapat 62 caleg yang akan memperebutkan 8 kursi, Kecamatan Kuta terdapat 45 caleg yang akan memperebutkan 5 kursi, dan yang terakhir Kecamatan Kuta Utara terdapat 47 caleg yang akan memperebutkan 6 kursi.

Berarti total untuk DPRD Badung sebanyak 40 kursi yang diperebutkan sebanyak 292 caleg. Dengan demikian, sudah pasti sebanyak 252 caleg tidak lolos. *asa

Komentar