nusabali

4 Kecamatan Langganan Air Mati

  • www.nusabali.com-4-kecamatan-langganan-air-mati

Sebulan kami memang mendapatkan keluhan masyarakat sebanyak 250 keluhan.

TABANAN, NusaBali

Belakangan ini masyarakat Tabanan sering mengeluhkan air PDAM mati. Setidaknya dari catatan PDAM Tabanan, ada empat kecamatan langganan gangguan terutama dijam riskan. Karena wilayah tersebut berada di dataran tinggi.

Dari catatan PDAM Tabanan, wilayah yang kerap kali mengalami air mati adalah Kecamatan Tabanan di wilayah Desa Gubug, Desa Dauh Peken, Kecamatan Kediri Desa Kediri, di Kecamatan Kerambitan Desa Samsam Kecamatan Selemadeg Timur Desa Beraban, Desa Tegal Mengkeb.

Kepala Bagian Hubungan Langganan PDAM Tabanan Ida Bagus Marjaya, didampingi Kasubag Humas PDAM Tabanan Wayan Agus Suanjaya,  menjelaskan wilayah yang rawan airnya mati pada jam riskan karena memang daerahnya dataran tinggi sehingga saat jam tertentu otomatis terganggu. "Airnya mengalir karena mengikuti gravitasi," ungkapnya, Jumat (29/3).

Dikatakan, selain berada di dataran tinggi, juga sering kali air mati karena ada pipa transmisi bocor. Contohnya saja di Jalan Rajawali Desa Subamia akhir Februari lalu bocor di kedalaman empat meter sehingga lumayan sulit dalam mengatasi. "Pipa sering bocor juga karena kepadatan penduduk yang sudah banyak membangun rumah," jelasnya.

Diakui Marjaya, hal tersebut sudah ia atasi bersama dengan staff yang bertugas. Termasuk masyarakat yang mengalami gangguan sudah berkoordinasi ke PDAM baik melaporkan langsung ataupun lewat telepon. "Karena sebulan kami memang mendapatkan keluhan masyarakat sebanyak 250 keluhan dan rata-rata karena airnya mati," jelasnya.

Marjaya menambahkan, khusus penanggulan gangguan air mati diluar unit, kata dia sudah melakukan koordinasi ke petugas. Dimana ia menginginkan meski terjadi keluhan agar tidak sampai berlarut-larut. "Syukur kami bisa atasi semua, meski ada pengerjaan yang lama itu karena proses," jelasnya. Termasuk saat ada gangguan air mati ia pun juga terus berkoordinasi kepada PLN untuk mengidupkan karena sebagian besar untuk membantu menaikkan air menggunakan listrik. "Jadi disini ada proses, tidak bisa sekarang air mati terus ketika dihidupkan oleh PLN langsung ngalir, karena harus menunggu proses," katanya.

PDAM Tabanan kini mempunyai 507.251 pelanggan. Pelayanan teknis mencapai 74 persen dan pelayanan administrasi 94 persen.*des

Komentar