nusabali

53 Regu Napak Tilas Ki Gusti Panji Sakti

  • www.nusabali.com-53-regu-napak-tilas-ki-gusti-panji-sakti

Sebanyak 53 regu ikut serta dalam lomba Napak Tilas Panji Sakti serangkaian HUT Kota Singaraja ke-415, Selasa (19/3) pagi.

SINGARAJA, NusaBali
Seluruh peserta dilepas dengan mengambil start di Pura Yeh Ketipat, wilayah Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Buleleng, berjalan menyusuri hutan puluhan kilometer hingga finish di monument perjuangan Bhuwana Kertha, Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Buleleng.

Ketua Panitia, Gde Darmaja, mengatakan jumlah peserta Napak Tilas tahun ini mengalami peningkatan signifikan. Ia pun mengklaim bertambahnya peserta, ada peningkatan pengamalan dan penghargaan sejarah oleh peserta yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kampus, Sekolah, dan Organisasi Kepemudaan.

Lomba Napak Tilas ini pun disebut Darmaja untuk mengenang kembali perjalanan dan perjuangan dalam mendirikan Kota Singaraja. Sehingga napak tilas rute yang konon pernah dilalui Ki Barak Panji Sakti yang diasingkan dari Kerajaan Klungkung ke Buleleng hinggga sampai di puncak Wanagiri dan tiba di Desa Panji, dapat diresapi dan dimaknai semangat perjuangannya.

Sementara itu Asisten Bidang Administrasi Pemerintahan, Setda Buleleng, Putu Karuna, melepas peserta secara resmi. Ia yang mewakili Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana berharap dengan lomba napak tilas ini, generasi muda dapat memahami sejarah perjuangan lahirnya Kota Singaraja. *k23

Komentar