nusabali

Ingatkan Nilai-nilai Perjuangan Pahlawan Puputan Margarana

Serah Terima Kirab Pataka dan Surat Sakti Pahlawan I Gusti Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-ingatkan-nilai-nilai-perjuangan-pahlawan-puputan-margarana

MANGUPURA, NusaBali - Napak Tilas Pataka/Panji-Panji dan Surat Sakti Pahlawan Nasioanl Brigjen TNI (Anumerta) I Gusti Ngurah Rai tiba di Badung saat upacara serah terima di Lapangan Puspem Badung, Sabtu (18/11).

Serah terima Pataka/Panji-Panji dan Surat Sakti Perjuangan Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai ini dikirab dari Kota Denpasar ke Kabupaten Badung.

Serah terima Pataka/Panji-Panji dan Pembacaan Surat Sakti Perjuangan Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Puputan Margarana yang diperingati setiap 20 November dan Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2023. Upacara serah terima melibatkan anggota Patriot Panca Marga, Pemuda Panca Marga (PPM) Bali, Organisasi Kepemudaan, pemuda dan siswa di Kabupaten Badung.


Kegiatan ini dimulai dengan upacara Serah Terima Pataka/Panji-Panji dan Pembacaan Surat Sakti Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai kemudian melakukan Tabur Bunga di Monumen Blumbungan Desa Sibang Kaja, Kecamatan Abiansemal dan Apel di Monumen I Gusti Ngurah Rai Desa Carangsari, Kecamatan Petang.

Upacara Serah terima Pataka/Panji-Panji dan Pembacaan Surat Sakti Perjuangan Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembanguna, Ida Bagus Gede Arjana. Turut hadir anggota DPRD Kabupaten Badung, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, tamu undangan dan peserta upacara.

Selaku leading sektor dalam acara tersebut, Kepala Dinas Sosial Badung I Ketut Sudarsana menyampaikan napak tilas Pahlawan Nasional kali ini mengambil tema ‘77 Tahun Perang Gerilya Revolusi Kemerdekaan Republik Indonesia (20 Nopember 1946) Kita Tingkatkan Jiwa Nasionalisme Dan Kebangsaan melalui Napak Tilas’. Melalui tema ini, Sudarsana berharap kepada generasi muda dan kita bersama menauladani nilai-nilai perjuangan.


“Semangat perjuangan itu agar dapat dilaksanakan dan diwarisi kepada generasi selanjutnya supaya nilai-nilai itu dapat dilestarikan. Semangat perjuangan yang dilaksanakan oleh pejuang kita hendaknya bisa ditularkan pada generasi muda kita sekarang,” ujarnya.

Sudarsana beharap melalui Upacara Penyerahan Pataka/Panji-Panji dan Pembacaan Surat Sakti Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai ini para generasi bisa terus mengenang jasa para pahlawan dan semangat juang di masa lalu, sehingga dapat diteruskan sampai saat ini dan seterusnya. “Kita harapkan nilai-nilai perjuangan dan semangat perjuangan pahlawan kita terimplementasi di generasi sekarang,” harapnya. @ ind

Komentar