nusabali

Polres Klungkung-Bangli Latihan Pengamanan Pemilu

  • www.nusabali.com-polres-klungkung-bangli-latihan-pengamanan-pemilu

Simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) digelar Polres Klungkung di areal Catus Pata Kota Semarapura, Klungkung, Jumat (15/3) sore.

SEMARAPURA, NusaBali

Hal ini untuk mengantisipasi gangguan keamanan saat berlangsungnya Pemilu 2019. Tak hanya di Klungkung, Polres Bangli juga menggelar kegiatan serupa di Lapangan Kapten Mudita Bangli, Sabtu (16/3) pagi.

Di Klungkung, simulasi dipimpin Kapolres Klungkung AKBP I Komang Sudana, dengan melibatkan 386 personel gabungan Polres Klungkung. "Menjelang beberapa hari dari pemungutan suara Pileg dan Pilpres 2019 membuat Polres Klungkung melaksanakan beberapa kegiatan penunjang, seperti Sispamkota ini. "Latihan ini sebagai bentuk kesiapan Polres Klungkung dalam menghadapi Pileg dan Pilpres 2019 agar berjalan aman dan lancar tanpa ada gangguan yang dapat meresahkan masyarakat," ujar AKBP Sudana.

Kabag Ops Polres Klungkung, Kompol I Nyoman Suarsika menambahkan latihan Sispamkota merupakan bagian dari persiapan pengamanan Pileg dan Pilpres yang dilakukan oleh Polres Klungkung. Tahapan latihan Sispamkota diawali dari apel kesiapan dan patroli skala besar sebelum pileg dan pilpres, pendistribusian logistik KPU, pengamanan TPS, gangguan kamtibmas, pengamanan penghitungan suara dan pengamanan untuk massa yang anarkis. “Semua itu disimulasikan dalam latihan ini,” ungkapnya.

Terpisah Kapolres Bangli, AKBP Agus Tri Waluyo menyampaikan kegiatan simulasi sispam kota bertujuan untuk melatih kemampuan dan keterampilan personel Polres Bangli dalam menangani massa pengunjuk rasa maupun gangguan kamtibmas khususnya saat pengamanan Pemilu serentak 2019. "Kegiatan ini dimaksudkan untuk mematangkan kesiapan seluruh personel dalam pengamanan pileg dan pilres bulan April mendatang," ungkapnya di sela-sela kegiatan, kemarin.

Di sisi lain AKBP Agus Tri Waluyo mengimbau kepada masyarakat untuk datang dan jangan sampai golput pada pemilu nanti. "Setiap tahapan pemilu sudah dilakukan, dalam pelaksanaan nanti masyarakat yang memiliki hak pilih agar menggunakan hak pilihnya," imbuhnya. *wan, es

Komentar