nusabali

Si Melik Perekaman e-KTP di Kampus

  • www.nusabali.com-si-melik-perekaman-e-ktp-di-kampus

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula

SINGARAJA, NusaBali

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buleleng melalui program inovasinya Si Melik (Siap Melayani Identitas Kependudukan) jemput bola perekaman e-KTP ke Kampus Undiksha, Rabu (13/3) kemarin. Perekaman e-KTP jemput bola itu merupakan upaya Disdukcapil Buleleng mendukung menyukseskan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Sekretaris Disdukcapil Buleleng, Dewa Made Mudita menjelaskan progam Si Melik Disdukcapil Buleleng, sesuai dengan edaran dari Kementerian Dalam Negeri, menjelang Pileg tanggal 17 April 2019 mendatang. Meski demikian Disdukcapil Buleleng sebelumnya juga sudah bergerak untuk melakukan perekaman e-KTP pada pemilih pemula dengan menyasar SMA/SMK se-Kabupaten Buleleng.

“Untuk pemilih pemula ini memang sangat dinamis dan tak pernah habis, karena setiap hari ada saja umur seseorang bertambah, jadi hari ini kami maksimalkan menyasar yang belum melakukan perekaman,” kata Mudita. Selain itu pihaknya juga mengaku menggenjot perekaman jemput bola ke desa-desa dan sejumlah tempat umum.

Ia juga menjelaskan jika pelayanan jemput bola perekaman e-KTP ke kampus-kampus itu akan berlangsung hingga tanggal 17 Maret mendatang. Sedangkan pada hari pertama perekaman e-KTP di kampus Undiksha yang dimulai sejak pukul 09.00-14.00 WITA terlihat lengang. Sejak mobil keliling Disdukcapil diparkir di areal kampus Undiksha, hanya dua orang mahasiswa yang melakukan perekaman dan lima orang lainnya melakukan pencetakan e-KTP.

“Hari ini sedikit yang melakukan perekaman, tetapi ini menunjukkan bahwa mereka sudah hampir semua memiliki e-KTP, dengan sejumlah program yang terus kami genjot. Apalagi syarat masuk perguruan tinggi juga salah satunya menggunakan e-KTP, jadi mereka yang sudah cukup umur sudah melakukan perekaman jauh-jauh hari,” jelas dia.

Sementara itu dari 11.651 orang pemilih pemula yang sudah dapat menyalurkan hak pilihnya pada Pileg 17 April mendatang, Mudita belum dapat menyampaikan data pemilih pemula yang belum melakukan perekaman e-KTP. Hal itu disebabkan perkembangan dan pergerakan data kependudukan disebut sangat dinamis. *k23

loading...

Komentar