nusabali

Relawan Komunikasi Bersatu di Besakih

  • www.nusabali.com-relawan-komunikasi-bersatu-di-besakih

Relawan komunikasi bersatu di Pos Terpadu di Terminal Kedundung, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem dalam mengomunikasikan situasi selama rangkaian Karya Agung Panca Walikrama lan Ida Bhatara Turun Kabeh.

AMLAPURA, NusaBali

Tiga relawan komunikasi itu yakni Orari Lokal Karangasem, RAPI wilayah Karangasem, dan Pasebaya Agung. Ketiganya bersinergi dengan petugas BPBD Karangasem, Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem, dan PMI Karangasem.

Bendesa Pakraman Besakih, Jro Mangku Widiartha, mengatakan tujuan utama membangun pos terpadu untuk kelancaran pamedek selama berlangsung rangkaian Karya Agung Panca Walikrama lan Ida Bhatara Turun Kabeh. Petugas terpadu setiap hari menempatkan anggotanya. Jika terjadi tanggap darurat, petugas BPBD dan Pos Pencarian dan Pertolongan yang terjun ke lapangan. “Kami tiap hari menempatkan anggota BPBD di Pos Terpadu Pura Besakih,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, Selasa (12/3).

Terpisah, Ketua Orari Lokal Karangasem, I Gusti Ngurah Semarabawa, juga mengaku menempatkan anggotanya setiap hari untuk memantau perkembangan pamedek di Pura Besakih. “Kami tempatkan anggota setiap hari menggunakan sistem shift,” katanya. Pun Ketua RAPI Wilayah Karangasem, I Komang Budiasna, menempatkan petugasnya bersinergi dengan petugas lainnya di pos terpadu. “Bahkan kami membangun pos tersendiri di areal pos terpadu agar anggota RAPI Wilayah Karangasem leluasa melakukan komunikasi 24 jam,” tegasnya. *k16

Komentar