nusabali

Linmas Desa Besakih Dikukuhkan

Banyak Mundur dan Purnatugas

  • www.nusabali.com-linmas-desa-besakih-dikukuhkan

AMLAPURA, NusaBali - Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja Karangasem I Gusti Made Sudiana mengukuhkan 35 anggota Linmas (Perlindungan Masyarakat) Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, di Aula Kantor Desa Besakih, Banjar Kedundung, Desa Besakih, kecamatan Rendang, Karangasem, Senin (11/12).

Pengukuhaan ini menyusul 35 anggota Linmas sebelumnya, telah purnatugas karena umurnya telah 60 tahun, mengundurkan diri, dan meninggal.

Bertindak sebagai Kasat Linmas Perbekel Besakih I Wayan Benya, Pelaksana Tugas dijabat Kaur Pemerintahan Desa Besakih I Nengah Budayasa, dan struktur Linmas terbagi 5 regu.

Hadir pada acara itu, Danramil Rendang Kapten Inf I Wayan Jaya Antara, anggota Babinsa (Bintara Pembina Desa) Desa Besakih Sertu I Nengah Bagiarta, Sekdes Desa Besakih I Nyoman Artana, dan segenap perangkat desa.

35 anggota Linmas itu dari 11 banjar dinas se-Desa Besakih, yakni Angsoka, Batang, Batumadeg, Besakih Kangin, Besakih Kawan, Kedundung, Kesimpar, Kiduling Kreteg, Kunyit, Palak dan Temukus.

Sekdes I Nyoman Artana memaparkan, sesuai amanat Permendagri Nomor : 84 Tahun 2014, tugas-tugas Linmas terbagi lima bagian, sesuai pembagiannya Linmas dibagi lima regu. Ada regu bidang kesiapsiagaan dan kewaspadaan dini, tugas pengamanan, bertugas memberikan pertolongan pertama turut melakukan pencarian. Ada penyelamatan pada korban akibat bencana dan gangguan keamanan, bertugas melakukan evakuasi  dan regu lainnya bertugas bekerja di dapur umum.

"Linmas itu petugas keamanan di desa, juga bertugas membantu melakukan penyelamatan mana kala terjadi bencana alam," jelas Sekdes I Nyoman Artana.

Petugas Linmas, katanya, bersinergi dengan petugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) di desa, juga membantu tugas-tugas kepolisian di tingkat desa, dan kecamatan.

Danramil Rendang Kapten Inf I Wayan Jaya Antara mengakui, adanya Linmas, merasa terbantu untuk pengamanan di desa. "Jadi Linmas Desa Besakih  itu, mitra kerja Koramil Rendang," jelasnya.7k16

Komentar