nusabali

Dua Desa Pakraman Ngayah Mareresik

  • www.nusabali.com-dua-desa-pakraman-ngayah-mareresik

Jelang Melasti Karya Agung Panca Walikrama

AMLAPURA, NusaBali
Krama dari dua desa pakraman yakni Desa Pakraman Tabola dan Desa Pakraman Tohjiwa, Kecamatan Sidemen, Karangasem, ngayah mareresik (bersih-bersih) di Pura Puseh Tabola dan Pura Puseh Tohjiwa, Selasa (26/2). Ngayah mareresik ini untuk persiapan melasti Karya Agung Panca Walikrama lan Ida Bhatara Turun Kabeh. Melasti digelar pada Saniscara Umanis Medangkungan, Sabtu (2/3) hingga Soma Pon Matal, Senin (4/3).

Dua desa pakraman ini akan dilalui pangayah saat perjalanan melasti ke Pura Watu Klotok, Klungkung. Rute melasti diawali dari Pura Penataran Agung Besakih, masandekan lan katuran bhakti dan nyejer di Pura Puseh Tohjiwa pada Saniscara Umanis Medangkungan, Sabtu (2/3). Selanjutnya Ida Bhatara masandekan, nyejer, dan katuran bhakti di Pura Puseh Tabola, Desa/Kecamatan Sidemen, Redite Paing Matal, Minggu (3/3). Selanjutnya kembali Ida Bhatara Kabeh ke Pura Penataran Agung Besakih, Soma Pon Matal, Senin (4/3).

Aksi bersih-bersih dipimpin Camat Sidemen, AA Made Agung Surya Jaya didampingi Perbekel Sidemen I Gusti Lanang Oka, bersama siswa SMAN Sidemen, SDN 4 Sidemen, serta krama dari dua desa pakraman. Selain bersih-bersih di areal pura, juga mengumpulkan sampah plastik di lingkungan kedua pura. “Jalur melasti melewati dua desa ini dan Ida Bhatara Kabeh juga nyejer semalam,” ungkap Agung Surya Jaya. *k16

Komentar