nusabali

Demokrat Bali Target Jaring 500 Ribu Anggota

  • www.nusabali.com-demokrat-bali-target-jaring-500-ribu-anggota

Musyawarah Daerah (Musda) Demokrat Bali XI baru akan digelar di Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur, Denpasar Selatan, Minggu (15/5) siang ini.

Bagikan KTA Mirip E–KTP

DENPASAR, NusaBali
Di sela persiapan musda, DPD Demokrat Bali melakukan registrasi dan merekrut anggota dan kader baru untuk bergabung dengan partai berlambang Bintang Mercy itu. Targetnya, 500 ribu kader terjaring selama 2016.

Ketua DPD Demokrat Bali Made Mudarta dan Ketua I DPD Demokrat Bali I Nengah Pringgo yang langsung memantau registrasi dan memberikan kartu tanda anggota (KTA) berbasis kartu tanda penduduk (KTP), di lobi Hotel Inna Grand Bali Beach, Sabtu (14/5). Demokrat mentarget 500 ribu anggota teregistrasi tahun ini. “Kami daftar anggota baru,” kata Nengah Pringgo saat mendampingi Mudarta bersama jajaran DPP.

Politisi senior Demokrat asal Desa Seraya Barat, Kecamatan/Kabupaten Karangasem, ini mengatakan KTA-nisasi yang dilakukan Demokrat Bali di bawah kepemimpinan Mudarta adalah melanjutkan dan melaksanakan program pusat. “Di Bali sudah jalan KTA-nisasinya. Tujuannya supaya kader atau anggota Demokrat terdata jelas. Supaya tidak nampang nama saja,” ujar Pringgo.

KTA Demokrat yang sudah diterbitkan menyerupai E-KTP yang berlaku secara nasional. Menurut Mudarta, KTA Demokrat dirancang memang seperti E-KTP atau KTP elektronik yang berlaku di seluruh Indonesia.

“Artinya nama-nama kader Demokrat dan posisinya di partai bisa diakses di seluruh Indonesia. Ini jadi program nasional partai. Jadi tidak hanya terdaftar saja. Posisi sebagai kepengurusan atau tidak, jelas kelihatan di data base,” tegas Mudarta.

Mudarta menyebutkan ada 500 ribu orang ditarget bergabung dengan Demokrat untuk tahun 2016 ini. “Kami target 500 ribu masyarakat Bali bergabung ke Demokrat. Siapa saja atau apa saja profesinya, silakan gabung Demokrat,” ajak Mudarta.

Kalau di Bali ada 2,6 juta penduduk yang memiliki hak pilih dalam pemilu  berarti Demokrat sudah memiliki modal 19,2 persen. “Target 500 ribu ini kami harapkan tercapai secepatnya. Artinya rekrutmen ini akan berlanjut sepanjang tahun. Pada Pileg 2019 kami harap Demokrat makin kuat,” tandas Mudarta.

Kata Mudarta kalau sebanyak 500.000 kader yang terdaftar nanti bisa mengembangkan keanggotaan, maka dari 2,6 juta pemilih di Bali, Demokrat bisa menggaet sekitar 50 persen. “Minimal istri atau suami dan 1 anaknya bisa gabung,” tambah Mudarta yang mantan Ketua OKK DPD Demokrat Bali, ini.

Saat ini, menurut politisi asal Desa Nusa Sari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, ini Demokrat memiliki 119 ribu kader di seluruh Bali. dari sejumlah itu semuanya terdata dengan rapi. “Kalau modal politik 119 ribu itu perlu ditambahkan lagi supaya Demokrat bisa makin kuat. Kami sasarannya terus menambah kader setiap tahun. Rekrutmennya juga tidak sembarangan. Ada verifikasi dan syarat-syarat yang harus diisi. Apa saja itu, ya internal kami yang tahu,” ucap Mudarta. 7 nat

Komentar