nusabali

KPU Tabanan Belum Lipat Surat Suara

  • www.nusabali.com-kpu-tabanan-belum-lipat-surat-suara

Meski  surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden serta surat suara pemilu legislatif DPR RI sudah diterima KPU Tabanan, namun sampai saat ini belum dilakukan tahapan pensortiran dan pelipatan surat suara, karena KPU masih menunggu surat suarat suara yang belum datang.

TABANAN, NusaBali
Diantaranya pemilihan DPD RI, DPRD Provinsi Bali dan DPRD Kabupaten yang saat ini masih dalam proses pencetakan.

Ketua KPU Tabanan I Putu Weda Subawa menerangkan, proses sortir dan pelipatan surat suara baru akan dilakukan setelah seluruh surat suara untuk Pemilu 2019 tiba di KPU Tabanan, dan dibuatkan berita acara serah terima. "Kemarin untuk dua varian surat suara, baru sebatas surat jalan atau semacam surat ekspedisi bahwa surat suara pemilihan presiden dan DPR RI sudah diserahkan, nanti jika seluruh surat suara sudah komplit baru kami buatkan berita acara serah terima," terangnya, Kamis (14/2).

Dikatakan Weda, untuk saat ini persiapan logistik yang lain KPU tengah siapkan kotak suara. "Ada pergeseran kotak suara yang belum dirakit dari gudang KPU ke lapangan tenis Alit Saputra untuk seting logistik, dan sudah mulai ada pengamanan dari pihak kepolisian dan petugas KPU tiap harinya," terangnya.

Dimana dari data logistik KPU Tabanan, untuk kotak suara dari kebutuhan sebanyak 7.944 telah diterima 7.810, dan terjadi kekurangan 134, dimana jumlah TPS di Kabupaten Tabanan sebanyak 1.544. Dan untuk logistik bilik suara dari kebutuhan 6.175 diterima 2.666 ditambah 3.494 bilik suara alumunium, masih ada kekurangan sebanyak 16.  

Sementara surat suara pemilihan presiden dan surat suara pemilihan DPR RI dari masing masing kebutuhan sebanyak 374.169 telah diterima 373.473, masih terjadi kekurangan 696 surat suara.  "Untuk kekurangan itu sudah kami sampaikan ke KPU RI dan kita tembuskan ke KPU Propinsi agar bisa segera ditindaklanjuti," tegasnya.

Terkait dengan partisipasi pemilih, KPU Tabanan menarget 85 persen. Dimana saat ini sudah gencar dilakukan sosialisasi. Termasuk memanfaatkan Hari Valentine, relawan pemilu telah menyebar membagikan bunga dan brosur mengingatkan masyarakat agar datang ke TPS pada tanggal 17 april mendatang. "Apalagi dengan adanya 5 item yang dipilih masyarakat, kami yakin 85 persen dapat diraih," tandas Weda. *de

Komentar