nusabali

Anugerah Musik Bali Siap Digelar, Ratusan Musik Diseleksi Jadi Nominasi

  • www.nusabali.com-anugerah-musik-bali-siap-digelar-ratusan-musik-diseleksi-jadi-nominasi

Apresiasi penghargaan kepada musisi Bali, Anugerah Musik Bali (AMB) tidak lama lagi akan digelar.

DENPASAR, NusaBali
Malam Anugerah Musik Bali akan digelar pada 12 Februari 2019 mendatang di Taman Budaya-Art Center Denpasar. Fantastis, dalam kegiatan pendataan untuk nominasi penerima penghargaan, Tim Komite AMB menerima 134 karya yang masuk melalui system Submit Karya.

“Selain 134 yang masuk melalui system Submit Karya, ada sekitar 70-an karya yang terdata oleh Komite. Ini merupakan angka yang sangat fantastis, yang juga menunjukkan jika Industri musik di Bali sedang on fire,” ujar penggagas acara, Gede Bagus Perdana Putra, Selasa (22/1).

Jebolan X-Factor Indonesia itu tidak sendiri. AMB juga digagas bersama Made Adnyana selaku jurnalis dan pengamat musik, Wibi Nugraha (musik director radio AR Group), Dhani Chaniago (record label/founder revolusi musik Indonesia) dan Putra Mahardika (founder of Cremaove music). Kelima orang komite ini memiliki harapan besar terhadap perkembangan musik Bali yang harus diapresiasi.

Gede Bagus mengungkapkan, hampir 3 bulan persiapan telah dilakukan. Sedangkan pendataan kegiatan perilisan telah dilakukan selama kurun waktu 1 Desember 2017 – 30 November 2018, dan juga membuka secara resmi link Submit Karya yang bekerjasama dengan tim  Creamove. Penentuan karya-karya yang berhasil masuk sebagai nominasi, murni merupakan hasil penilaian dari Tim Komite Anugerah Musik Bali yang dilakukan secara netral.

“Ada beberapa kategori ‘terfavorit’ yang nantinya kita akan melibatkan keikutsertaan penikmat musik atau publik dalam penilaian penentuan pemenangnya. Penentuan nominator terpilih ini dilakukan secara matang, banyak pertimbangan, berdasarkan data yang aktual, dan pastinya secara netral,” tegasnya.

Ada sejumlah kategori dalam acara ini, di antaranya Album Berbahasa Bali Terbaik, Album Terbaik, Lagu Berbahasa Bali Terbaik, Lagu Terbaik, Lagu Berbahasa Bali Terfavorit, Lagu Terfavorit, Penyanyi Solo Berbahasa Bali Terbaik.

Selain itu, ada Penyanyi Solo Terbaik, Band/Duo/Grup Berbahasa Bali Terbaik, Band/Duo/Grup Terbaik, Pendatang Baru Terbaik, Penyanyi Anak Terbaik, Band/Grup Rock Terbaik, Music Video Of The Year, Penata Musik Terbaik, Music Venue Of The Year, Dan Musik Kontemporer Terbaik. Melalui ajang apresiasi ini, pihaknya berharap karya musisi Bali semakin baik dan bergairah.*ind

Komentar