nusabali

47 Pandita Muput Puncak Karya di Pura Ratu Pasek

  • www.nusabali.com-47-pandita-muput-puncak-karya-di-pura-ratu-pasek

Puluhan ribu pamedek dari pasemetotan Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) se-Nusantara menghaturkan puja bhakti (sembahyang) saat puncak Karya Tawur Agung Tri Bhuwana Panca Wali Krama Pujawali, di Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana, saat Pemacekan Agung, Soma Kliwon, Senin (31/12).

SEMARAPURA, NusaBali
Karya ini dipadu juga dengan Ngenteg Linggih, Mapeselang, Pedanan, Lan Padudusan Agung Menawa Ratna. Puncak karya tersebut dipuput 47 Ida Pandita Mpu di Utamaning Mandala, Madya Mandala dan Kanista Mandala (Maprayungan dan Mapedanan). Saat puncak karya ini, pamedek yang tangkil sekitar 50.000 orang. Pantauan NusaBali, prosesi puncak karya digelar sejak Senin pagi, diawali Ida Bhatara Mapedanan, Maprayungan. Setelah itu, Ida Bhatara katuran Mapesalang, dilanjutkan puncak karya di Tri mandala pura. ”Di Utama Mandala dipuput 20 Ida Pandita Mpu, Utamaning Mandala dipuput 7 Ida Pandita Mpu dan Kanista Mandala (Maprayungan dan Mapedanan) dipuput 20 Ida Pandita Mpu,” ujar Wakil Ketua Panitia, Wayan Sudiarsa, kepada NusaBali.

Dijelaskan, tujuan karya untuk pembersihan Bhuwana Agung dan Bhuwana Alit hingga lepas dari ancaman bencana. “Karya ini menyucikan dunia dan seisinya, Tri Bhuwana (bhur, bwah, swah) sehingga kita dapat menikmati hidup yang lebih baik, dan berkualitas,” imbuhnya.

Adapun dudonan Karya Tawur Agung tersebut, yakni  Anggara Pon Warigadian/Selasa 4 Desember 2018 Mapepada Tawur Tri Bhuwana. Sukra Umanis Warigadian/Jumat, 7 Desember Rsi Gana Agung, Tawur Agung Tri Bhuwana Panca Wali Krama, Mapedagingan Lan Mlaspas.

Sukra Kliwon Sungsang/Jumat 21 Desember Nedunang Ida Bhatara (Nanceb Penjor Ring Soang-soang Jeroane Warga Pasek). Saniscara Pon Dunggulan/Sabtu 29 Desember Ida Bhatara Catur Parhyangan Lan Dadia-dadia Katuur. Radite Wage Kuningan/Minggu, 30 Desember Melasti Lan Tawur Labuh Gentuh Ring Segara Goa Lawah. Soma Kliwon Kuningan/Senin, 31 Desember, Puncak Karya, Mapaselang Nawa Ratna, Pangrayungan, Pedanan, Pujawali/Piodala, Ningkub, Ngenteg Linggih, Mapadyus-dyus Agung Ida Bhatara Tedun ke Pangrayunan Lan Mapedanan.

Anggara Umanis Kuningan/Selasa, 1 Januari 2019, Nyejer Ngaturang Penganyaran Selama 17 hari, dari 1 - 17 Januari 2019. Wraspati Paing Medangsia/Kamis, 17 Januari Ngebekin Nyenuk Nyineb Rsi Bojana Lan Nyegara Gunung Mapekelem. “Selama proses karya ini berlangsung dipuput 250 Ida Pandita Mpu Pasek,” ujar Sudiarsa.


Foto: Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama menyerahkan secara simbolis bantuan hibah Pemprov Bali kepada Ketua MGPSSR Prov Bali Wisnu Bawa Temaja, disaksikan oleh Made Mangku Pastika dan para pamedek.

Prosesi karya dilanjutkan dengan persembahyangan bersama. Dalam kesempatan itu hadir Made Mangku Pastika (Gubernur Bali dua periode 2008-2013 - 2013-2018), Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama, Ketua MGPSSR Prov Bali Jro Pasek Wisnu Bawa Temaja, dan lainnya. Usai sembahyang diserahkan secara simbolis dana hibah Pemprov Bali kepada pangempon Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhtara Mpu Gana sebesar Rp 15 miliar. Bantuan diserahkan oleh Adi Wiryatama kepada Wisnu Bawa Temaja dan disaksikan oleh Made Mangku Pastika, dan pemedek. Dana hibah tersebut sudah dicairkan November 2018 lalu, saat ini sudah terserap untuk pembangunan dinding penahan tanah (DPT). Perjuangan untuk mendapatkan hibah ini tak terlepas dari perjuangan dari anggota DPRD Klungkung yang notabene dari semeton Pasek berjumlah 15 orang.

Adi Wiryatama menjelaskan bansos itu juga dimohon saat Made Mangku Pastika masih menjabat Gubernur Bali. Kata Adi Wiryatama, sekarang Pasek sudah merdeka, dimana Ida Pandita Mpu sekarang sudah malinggih sejajar. “Yan kari di tempat dumum, kari wenten sor singgih (jika masih di pura lama, masih ada sor singgih,Red), Kita yang harus menghargai. Selanjutnya Pasek ini harus mengisi kemerdekaan ini, ke depan kita harus tetap bhakti ring kawitan (berbhakti pada leluhur,Red),” katanya.

Sebelumnya, ratusan ribu pamedek dari pesemotan Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) se-Nusantara, menggelar upacara Melasti di segara (pantai) Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung, Radite Wage Kuningan, Minggu (30/12) pagi. Perjalanan ke lokasi Melasti ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 3 km, dari Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana, di Banjar Punduk Dawa, Desa Pesinggahan.*wan

Komentar