nusabali

FENG-SHUI : Keseimbangan Yin Yang Dalam Masakan

  • www.nusabali.com-feng-shui-keseimbangan-yin-yang-dalam-masakan

PRAKTISI ilmu gizi China melakukan upaya bagaimana menyeimbangkan kandungan zat makanan (yang menyimpan energi Yin dan Yang dalam tubuh).

Makanan yang cenderung dingin, dipercaya sebagai perwujudan energi Yin. Sebaliknya, makanan jenis hangat atau panas mewakili energi Yang.


Bertolak dari pemahaman Yin Yang inilah praktisi ilmu gizi China akan mensiasati tubuh dalam menjaga kesehatan. Jika Anda sakit, praktisi ilmu gizi China akan memberi nasihat untuk sedikit melakukan diet dengan menjaga keseimbangan energi Yin dengan Yang dalam tubuh Anda, melalui pengkonsumsian jenis makanan tertentu. Sebagai contoh, apabila lambung mengalami nyeri akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas (Yang), maka akan diberi nasihat oleh praktisi ilmu gizi China dengan mengimbanginya dengan meminum teh herbal yang energinya bersifat Yin. Begitu juga halnya dengan influenza atau batuk yang hadir akibat perubahan cuaca. Anda mungkin sering mendengar bahwa batuk yang cenderung muncul karena ‘Dingin’ akan terasa lega pada saat Anda menghirup secangkir air jahe yang terasa pedas dengan suhu yang hangat atau panas. Tapi, sekalipun praktisi ilmu gizi China memberikan sarannya, sebaiknya Anda jangan lupa untuk memperhatikan saran dari dokter medis barat dengan resep obatnya.

Jenis Makanan Yin dan Yang
Memang, bukan perkara mudah mengetahui apakah satu jenis makanan itu mengandung energi Yin atau Yang. Bagi masyarakat yang awam tentang ilmu Feng Shui makanan ini hanya bisa dilakukan dengan cara melihat atau merasakan secara kasar. Misalkan saja merica yang panas dan pedas akan digolongkan sebagai Yang. Sedangkan, secangkir air es yang dingin akan digolongkan sebagai Yin.

Namun, Anda mesti tahu bahwa tidak semua makanan itu hanya mewakili satu kekuatan energi belaka. Para ahli praktisi ilmu gizi China juga sepakat bahwa tidak ada satu pun jenis makanan yang mewakili hanya satu kekuatan alam tersebut. Mereka meyakini bahwa yang ada adalah bagaimana dominasi kadar Yin atau Yang dalam satu jenis makanan. Hal inilah yang menyulitkan para ahli untuk mendapatkan kesepakatan menetapkan jenis energi tertentu dalam satu jenis makanan. Apalagi bagi orang yang awam, tentunya akan jauh lebih sulit.

Namun, terlepas bagaimana sulitnya menentukan energi dalam kandungan makanan, para ahli mencoba menyajikan beberapa daftar jenis masakan dan makanan dengan dominasi energi Yin atau Yang yang terkandung di dalamnya. Tentu saja ini menjadi hal unik bagi Anda yang gemar memasak dan atau menyantap masakan China yang penuh eksotisme itu.

Daftar Metode Memasak

Kualitas ‘Yin’ dengan Rebusan
  • Steaming (dikukus dengan uap yang panas).
  • Boiling (direbus dalam air yang mendidih dengan suhu sekitar 100º Celcius).
  • Poaching (memasak dalam sedikit cairan dengan panas yang diatur agar jangan sampai mendidih dengan suhu antara 71 sampai dengan 82º Celcius).
Kualitas ‘Yang’ dengan Gorengan dan Pemanggangan
  • Deep Frying (teknik memasak menggunakan minyak yang cukup banyak, sehingga bahan makanan benar-benar terendam dalam minyak).
  • Stir Frying (menumis cepat serta diaduk terus-menerus dengan minyak dalam jumlah yang sedikit).
  • Roasting (teknik memasak dalam oven atau pemanggang dengan menggunakan lemak atau minyak).

Daftar Jenis Makanan
Jenis Makanan ‘Yin’
Kecambah, Kacang-kacangan, Kubis, Bunga Kol, Brokoli, Wortel, Kepiting, Ketimun, Daging Bebek, Tahu, Air Mineral.

Jenis Makanan ‘Yang’
Rebung Bambu, Daging Sapi, Daging Ayam, Telur, Jahe, Beras Ketan, Jamur, Anggur (Wine). *

loading...

Komentar