nusabali

Air PDAM Keruh, Pelanggan Mengeluh

  • www.nusabali.com-air-pdam-keruh-pelanggan-mengeluh

Pelanggan PDAM di Jimbaran mengeluhkan air keruh. Dirut PDAM menyebut, kekeruhan bukan karena sumber air baku tetapi karena ada kebocoran pada pipa.

Kondisi Estuari Dam Tak Terawat  

MANGUPURA, NusaBali
Pasokan air PDAM Tirta Mangutama ke kawasan Kuta Selatan kembali dikeluhkan para pelanggan. Pasalnya belakangan air yang mengalir berubah keruh. Memang tidak setiap hari, tetapi hal itu membuat pelanggan merasa tak nyaman. Apakah ini dampak dari kotornya estuari dam di Suwung, Denpasar Selatan, yang menjadi salah satu sumber air baku PDAM?

Menurut salah seorang warga Jimbaran, Kuta Selatan, air di rumahnya sewaktu-waktu mendadak keruh. Namun ia tak tahu apa penyebab keruhnya air PDAM tersebut. “Kadang-kadang airnya keruh, nggak setiap hari sih,” ungkap warga yang meminta namanya dirahasiakan, Jumat (22/4). Yang membuat dirinya kesal, karena sudah membayar langganan air, tapi ternyata air yang diterima kualitasnya kurang baik. Ia meminta agar PDAM memperhatikan masalah ini, karena demi kepentingan masyarakat. 

Dirut PDAM Tirta Mangutama Badung I Made Subarga Yasa, membantah bila keruhnya air akibat kondisi estuari dam. Menurut dia kotornya air murni karena ada kebocoran pipa.

“Kalau air PDAM kotor itu murni karena ada instalasi pipa yang bocor, bukan karena pengaruh pengambilan air baku yang kotor,” tuturnya.

Dijelaskan, pengolahan air PDAM tak sembarangan. Air baku yang disedot dari estuari dam akan melewati beberapa proses penyaringan. “Jadi ketika disalurkan ke masyarakat sudah bersih atau siap dimanfaatkan,” aku Subarga Yasa.

Walau begitu pihaknya membenarkan bila estuari dam kondisinya kotor oleh sampah. Keadaan itulah yang dinilainya mengganggu terhadap debit air. “Pasti berpengaruh, otomatis itu terjadi pendangkalan,” ucapnya. Masalah di estuari dam, ditegaskan Subarga Yasa, sudah dikoordinasikan dengan pihak Balai Wilayah Sungai Bali-Penida (BWS-BP). “Kami sudah berkoordinasi dengan pihak balai mengenai permasalahan yang terjadi di sana (estuari dam, Red). Malahan kami ikut mendukung program-program dari balai,” tandasnya.Untuk diketahui, kondisi estuari dam yang persisnya berada di Jalan Bypass Ngurah Rai Suwung sangat kotor. Estuari dam penuh dengan sampah serta eceng gondok. Padahal air dam tersebut menjadi salah satu sumber air baku PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung.

Sampah yang menggenang kebanyakan adalah sampah plastik. Karena dibiarkan terlalu lama, tumpukan sampah sampai mengeluarkan bau tak sedap. 7 asa

Komentar