nusabali

Malu Korupsi, Mangku Grebeg Ulah Pati

  • www.nusabali.com-malu-korupsi-mangku-grebeg-ulah-pati

Mangku Grebeg sebelum ditemukan tewas gantung diri sempat menegak minuman jenis arak di meja samping rumahnya.

Ditemukan Tewas Tergantung di Pohon Kamboja


DENPASAR, NusaBali
Seorang warga bernama I Nyoman Buda alias Mangku Grebeg, 57, ditemukan tewas gantung diri dihalaman rumahnya yang terletak di Jalan Sedap Malam, Gang Nuansa, Nomor 3, Denpasar Selatan pada Senin (28/10) sekitar pukul 13.30 Wita. Dugaan awal aksi ulahpati ini dilakukan Mangku Grebek lantaran tak kuat menahan rasa malu karena korupsi.

Kanit Reskrim Polsek Denpasar Selatan, Iptu Hadi Mastika menerangkan, tewasnya korban Mangku Grebeg pertamakali diketahui oleh adik kandungnya bernama I Ketut Mudiana, 56. Saat itu, saksi yang merupakan Linmas Sanur Kaja ini hendak membawa cucian pakaian.

Namun, setibanya di halaman depan, ia dikejutkan dengan kondisi sang kakak yang sudah tergantung di pohon kamboja. Atas temuan itu, ia pun menghubungi rekan kerjannya untuk meneruskan ke Polsek Denpasar Selatan. "Setelah dapat laporan, kita langsung koordinasi dengan Inafis Polresta Denpasar untuk melakukan identifikasi. Kita juga terjun ke TKP untuk melakukan penyelidikan terkait motif dari aksi itu," ungkapnya, Senin malam.

Hasil pemeriksaan di lokasi, pihaknya tidak menemukan tanda-tanda kekerasan pada jenazah korban. Korban yang tergantung menggunakan tali plastik tersebut identik dengan korban bunuh diri. Selain itu, pihak kepolisian juga mendalami keterangan sejumlah saksi untuk mengungkap motif aksi bunuh diri itu.

Dari keterangan sejumlah saksi itulah, terungkap bahwa korban diduga mengakhiri hidupnya karena tak kuat menahan malu terkait kasus korupsi yang sedang ditangani oleh Dit Pol Air Polda Bali. Hanya saja, Kanit Iptu Hadimastika tidak merinci secara pasti total dana dan anggaran yang di korupsi oleh korban. "Motifnya karena tidak kuat menahan malu karena kasus yang melilitnya. Kasusnya saat ini masih diproses di Pol Air. Saya juga kurang paham untuk kasus itu. Tapi, dari keterangan yang kita korek, memang motifnya kearah sana," imbuhnya seraya mengakui untuk menghubungi petugas di Pol Air.

Dari pemeriksaan lainnya, bahwa korban Mangku Grebeg sebelum ditemukan tewas gantung diri sempat menegak minuman jenis arak di meja samping rumahnya. Hal itu dilihat oleh putranya, I Nyoman Kristian Budiman, 20. Bahkan, Mangku Grebeg saat itu menggunakan pakaian adat sembahyang dengan udeng dan kain warna putih. Sang anak sempat bertanya terkait tingkah korban yang menggunakan pakaian adat serba putih itu. Namun, korban mengaku bahwa perasannya tidak enak. Komunikasi antara korban dan anaknya itu berlangsung singkat lantaran sang anak langsung masuk ke dalam kamar tidurnya. "Saksi anaknya ini juga curiga, makanya ditanyakan prihal kejanggalan itu. Tapi, justru direspon dengan jawaban perasaan ngak enak saja oleh korban," urainya.

Usai melakukan identifikasi dan juga mendalami keterangan saksi, jenazah korban langsung dievakuasi ke RSUP Sanglah untuk mendapatkan penanganan otopsi. "Jenazah dievakuasi menggunakan ambulance BPBD untuk diotopsi. Kita sudah layangkan permintaan otopsi dan masih menunggu persetujuan keluarga," tutupnya.

Sementara, Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Hengky Widjaja yang dikonfirmasi terkait kasus korupsi yang melibatkan korban Mangku Grebeg belum berhasil dihubungi melalui sambungan teleponnya.*dar

Komentar