nusabali

Dirjen Napza Kemensos Resmikan Panti Rehab Napza

  • www.nusabali.com-dirjen-napza-kemensos-resmikan-panti-rehab-napza

Dirjen Napza Kemensos RI, Waskito Budi Kusumo meresmikan Panti Rehabilitasi Napza Yayasan Kesehatan Bali (Yakeba) di Jalan Ciungwanara IVB No 2 Renon, Denpasar, Sabtu (16/4). 

DENPASAR, NusaBali
Waskito mendukung dibangunnya panti rehabilitasi, apalagi saat ini Kemensos baru merencanakan tempat rehabilitasi di Bali.

“Tapi Yakeba malah sudah meresmikan panti rehabilitasi ini. Tentu saja kami merasa surprise,” ujar Waskito di sela meresmikan Panti Rehabilitasi Napza yang bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke 17 Yakeba. Menurutnya, Kemensos saat ini tengah mencari lokasi pembangunan panti rehabilitasi narkoba di Bali. Panti itu direncanakan akan berlokasi di Bangli. 

Ketua Yayasan Kesehatan Bali, I Made Adi Mantara menjelaskan Program dari Yakeba memang dari awal berdiri sejak 16 April 1999 fokus ke bahaya narkoba dan HIV/AIDS. Namun pada tahun 2010 Yakeba sempat tidak mengambil program untuk rehabilitasi karena banyaknya panti rehabilitasi yang ada di Bali dan berfokus ke HIV/AIDS. “Tapi dengan banyaknya kasus narkoba sekarang Yakeba memutuskan kembali lagi ke rehabilitasi orang yang terkena narkoba,” terangnya.

Di Yakeba disediakan 4 kamar dalam 1 kamar berisikan 6 bed. Untuk saat ini ada 4 orang yang sedang menjalani rehabilitasi. Adi Mantara juga menjelaskan fase rehabilitasi tiga bulan jika belum ada perubahan yang signifikan akan dilanjutkan sampai benar-benar sembuh dan dikembalikan ke keluarganya. 7 cr63

Komentar